PSU PILKADA SAMPANG DIGELAR 27 OKTOBER, TNI/POLRI KERAHKAN 5.500 PERSONIL

Pers Rilis hasil Rakor persiapan PSU Pilkada Sampang di kantor KPU Sampang, Minggu (16/09/2018).

Sampang, Pojok Kiri – Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sampang pasca amar putusan Mahkamah Konstitusi (MK) 5 September lalu. KPU Sampang menetapkan pelaksanaan PSU akan digelar pada hari Sabtu 27 Oktober 2018 mendatang, atau 41 hari sejak penetapan waktu tersebut.

Rakor yang digelar di kantor KPU Sampang, Minggu (16/09/2018) dihadiri seluruh Komisioner penyelenggara pemilu dari KPU dan Bawaslu Kabupaten Sampang. Juga tampak hadir Bupati Sampang H Jonathan Judianto, Dandim 0828/Sampang Letkol (Czi) Ary Syahrial, Kapolres Sampang AKBP Budi Wardiman, serta sejumlah pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sampang yang terkait.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Pihak keamanan dari Polres Sampang yang bersinergi dengan Kodim 0828/Sampang akan mengerahkan sekitar 5.500 personil gabungan dari TNI/Polri yang akan mengamankan jalannya proses PSU pada 27 Oktober mendatang.

Kapolres Sampang AKBP Budi Wardiman kepada awak media mengungkapkan jika pihaknya sudah mengantisipasi dan siap melakukan pengamanan pelaksanaan PSU Pilkada Kabupaten Sampang nantinya. Ia menyatakan jika pihaknya akan selalu dan tetap bersinergi dan berkoordinasi dengan pihak TNI, yakni Kodim 0828/Sampang untuk mengatur strategi pengamanan PSU.

“Kami selalu siap siaga untuk melakukan pengamanan PSU sesuai dengan putusan MK itu. Kami akan tetap berkoordinasi dan bersinergi dengan pihak Kodim 0828/Sampang untuk pengaman PSU. Sementara pasukan yang akan kami kerahkan sekitar 5.500 personil gabungan dari TNI/Polri,” ungkapnya, Minggu (16/09/2018).

Mantan Kaden A Pelopor Satbrimob Polda Jatim tersebut menjelaskan jika pihaknya akan mengerahkan personil pengamanan untuk PSU mendatang dengan jumlah lebih banyak dibandingkan pelaksanaan Pilkada serentak 27 Juni lalu. Ia menyatakan akan mengerahkan juga pasukan Brimob jajaran Polda Jatim untuk mengamankan proses PSU mendatang.

BACA JUGA :  DI KABUPATEN SAMPANG, BUAT E-KTP TAK SELESAI HINGGA SETAHUN

“Untuk pengamanan pada pelaksanaan PSU, kami menyiapkan sedikitnya 2 personil anggota Polres Sampang dibantu anggota TNI Kodim 0828/Sampang untuk masing-masing TPS. Untuk beberapa TPS yang dinilai rawan, khususnya yang menjadi permasalahan hingga ke MK itu pengamanannya akan kami tambah,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Dandim 0828/Sampang Letkol (Czi) Ary Syahrial menambahkan jika pihaknya selaku TNI selalu siap siaga untuk membantu melakukan pengamanan pada proses PSU nantinya. Ia menyatakan akan mengerahkan pasukan dari jajaran Kodam V Brawijaya untuk penambahan personil pengamanan yang dibutuhkan.

“Kami tetap akan berkoordinasi ke Kodam V Brawijaya untuk bantuan pasukan. Kami juga akan selalu siap siaga berkoordinasi dan bersinergi dengan pihak Kepolisian jika dibutuhkan untuk membantu proses pengamanan PSU 27 Oktober mendatang,” pungkas mantan Kopassus tersebut. (msa)

Telah dibaca : 23 kali.