ANGGOTA KORAMIL 0828/02 CAMPLONG PASTIKAN RAKOR PENCERMATAN DPT PSU DI DESA PRAJJAN LANCAR

Serda M Haryono, Anggota Koramil 0828/02 Camplong tengah mengikuti rakor pencermatan DPT untuk PSU di Desa Prajjan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Minggu (07/10/2018).

Sampang, Pojok Kiri – Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sampang tahun 2018 tersisa 20 hari lagi. Proses validasi data pemilih tetap (DPT) terus dibenahi. Dalam proses pencermatan DPT yang tak ketinggalan peran serta TNI untuk terus mengawal setiap proses yang dilakukan penyelenggara pemilu.

Seperti halnya yang dilakukan Anggota Koramil 0828/02 Camplong Serda M Haryono dengan mengikuti kegiatan rapat koordinasi (rakor) pencermatan DPT di Desa Prajjan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Minggu (07/10/2018). Ia mengikuti kegiatan rakor tersebut untuk memastikan dan mendata setiap proses yang dilalui sebelum hingga pasca PSU dimaksud.

Dalam rakor pencermatan DPT untuk PSU itu dihadiri langsung oleh penyelenggara maupun pengawas pemilu di tingkat desa tersebut, juga tampak hadir Camat dan Kapolsek Camplong, serta tokoh ulama dan masyarakat setempat. Dalam kegiatan dimaksud, Serda M Haryono mengikuti rakor sejak awal hingga akhir dan memastikan kegiatan dimaksud berjalan lancar dan aman tanpa ada kendala yang menonjol.

Serda M Haryono mengungkapkan jika dirinya bertugas mengikuti dan mengawal kegiatan rakor pencermatan DPT untuk PSU di Desa Prajjan yang merupakan teritorialnya tersebut untuk memastikan kegiatan berjalan lancar tanpa adanya kendala yang berarti. Selain itu, ia juga turut mencatat DPT PSU hasil pencermatan yang sudah dilakukan oleh penyelenggara pemilu di tingkat desa dimaksud.

“Memang ini sudah menjadi tugas kami selaku TNI yang harus turun ke bawah berbaur dengan rakyat agar lebih dekat dari hati ke hati. Termasuk setiap kegiatan yang digelar di wilayah saya, tentunya saya harus terjun langsung memonitor kegiatan itu untuk memastikan bahwa kegiatan berjalan lancar dan aman tanpa kendala yang menonjol. Seperti halnya kegiatan rakor pencermatan DPT untuk PSU ini,” ungkapnya, Minggu (07/10/2018).

BACA JUGA :  ANGGOTA POS RAMIL 0828/13 PANGARENGAN PANTAU PENGERJAAN DD/ADD DAN PASCA PSU

Ia menjelaskan jika dalam kegiatan rakor tersebut dirinya juga melakukan pendataan seluruh undangan yang hadir dan juga mencatat setiap hal yang dibahas dalam rakor itu. Nantinya, hasilnya akan dijadikan sebagai bahan laporan kegiatan yang digelar di wilayahnya tersebut kepada pimpinannya.

“Dalam kegiatan ini saya hanya melakukan pendataan dan mencatat siapa saja yang hadir dan apa saja yang dibahas. Kami selaku Anggota TNI wajib bersikap netral dan tidak boleh mengintervensi pihak mana pun juga, termasuk kepada penyelenggara pemilu. Jadi, saya hanya melihat, memantau, dan mendata saja dalam kegiatan itu. Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan aman sejak awal hingga akhir acara,” pungkasnya. (msa)

Telah dibaca : 20 kali.