11 HARI MENJELANG PSU, KAPOLDA JATIM BERSAMA PANGDAM V BRAWIJAYA KUNJUNGI SAMPANG

Pangdam V/Brawijaya dan Kapolda Jatim diangkat bersama-sama oleh Anggota Kodim 0828/Sampang dan Anggota Polres Sampang saat menuju pintu keluar Makodim 0828/Sampang, Selasa (16/10/2018) pagi.

Sampang, Pojok Kiri – Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sampang tahun 2018 semakin dekat. 11 hari menjelang pelaksanaan PSU, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan bersama Mayjen TNI Arif Rahman mengunjungi Kabupaten Sampang pada Selasa (16/10/2018) pagi.

Kunjungan kedua jenderal pemegang tongkat komando Polri dan TNI di wilayah Jatim tersebut untuk menggelar apel sinergitas TNI/Polri. Sekaligus melihat langsung kesiapan pengamanan dalam pelaksanaan PSU Pilkada Kabupaten Sampang, serta Pemilu dan Pilpres 2019. Dalam kunjungannya tersebut, Kapolda Jatim dan juga Pangdam V/Brawijaya menekankan akan netralitas TNI/Polri dalam gelaran pesta politik dimaksud.

Kedua jenderal tersebut menuju Kabupaten Sampang dengan menggunakan Helikopter yang mendarat di lapangan Wijaya Kusuma Sampang. Kemudian bergeser menggunakan kendaraan roda 4 menuju Makodim 0828/Sampang untuk menggelar Apel Sinergitas TNI/Polri. Dalam kegiatan itu, tampak hadir seluruh Forkopimda Sampang, termasuk Bupati Sampang H Jonathan Judianto, Dandim 0828/Sampang Letkol (Czi) Ary Syahrial, dan Kapolres Sampang AKBP Budi Wardiman.

Dalam sambutannya, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan jika apel sinergitas TNI/Polri yang sudah dilakukan bersama Pangdam V/Brawijaya sudah yang ke 4 kalinya untuk kesiapan pengamanan Pemilu dan Pilpres 2019. Namun, masih ada yang tersisa terkait PSU di Kabupaten Sampang. Untuk itu, dirinya bersama Pangdam V/Brawijaya datang ke Kabupaten Sampang untuk menunjukkan kepada masyarakat Sampang bahwa TNI/Polri akan mengamankan jalannya PSU, dan juga menunjukkan bahwa TNI/Polri akan bersifat netral.

Aaaaaaaaaaa “Kami bersama Pangdam V/Brawijaya akan memprioritaskan pengamanan dalam pelaksanaan PSU Pilkada Kabupaten Sampang agar berjalan dengan aman, kondusif, dan tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Kedatangan kami bersama Panglima ini untuk memberikan motivasi kepada TNI/Polri dan juga aparat keamanan lainnya yang turut berperan dalam pengamanan PSU. Kami berharap agar masyarakat Sampang juga turut serta memberikan kontribusi kepada aparat keamanan yang bertugas di wilayah Kabupaten Sampang,” ujarnya, Selasa (16/10/2018).

BACA JUGA :  DPRD SUMENEP DESAK TERTIBKAN TAMBAK UDANG ILEGAL
Dandim 0828/Sampang Letkol (Czi) Ary Syahrial (kanan) mengarahkan Pangdam V/Brawijaya dan Kapolda Jatim menuju penanaman pohon.

Menurut Kapolda, wilayah Kabupaten Sampang memiliki karakteristik tersendiri. Dirinya berharap dalam pengamanan PSU perlu ada kegiatan yang humanis, seperti pendekatan kepada masyarakat yang betul-betul menyentuh. Karena, masyarakat Kabupaten Sampang sangat berbeda, dan dirinya berharap agar anggota TNI/Polri bisa mengikuti karakteristik yang ada di wilayah Sampang. Dengan melakukan pendekatan kepada tokoh agama dan juga tokoh masyarakat.

“Bagi anggota Polri maupun juga TNI kami harap bisa mengikuti budaya dan karakteristik di Kabupaten Sampang ini. Diantaranya melakukan pendekatan kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat dengan memberikan sentuhan komunikasi. Sehingga mereka bisa paham bahwa hanya di Kabupaten Sampang saja yang melakukan PSU, jadi harus bisa dirangkul untuk bersama-sama dalam menyukseskan PSU nanti. Kepada Kapolres Sampang, saya menekankan akan menjalankan sinergitas TNI/Polri beserta stakeholder harus tetap terjalin dengan baik dan optimal. Serta mengedepankan peran Bhabinkamtibmas dan Babinsa agar melakukan komunikasi langsung dengan masyarakat bawah, khususnya Kepala Desa atau Lurah, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat. Dimana, masyarakat merupakan fungsi utama sebagai basis deteksi dini dan basis solusi terhadap berbagai permasalahan sosial, agar nantinya bisa meredam sehingga tidak sampai terjadi gangguan kamtibmas,” tegas Jenderal Polri bintang 2 tersebut.

Kapolda Jatim bersama Pangdam V/Brawijaya foto bersama Forkopimda Sampang, Anggota Kodim/0828 Sampang dan Polres Sampang usai Apel Sinergitas TNI/Polri di halaman Makodim 0828/Sampang, Selasa (16/10/2018) pagi.

Sementara Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman dalam sambutannya menyempatkan diri mengucapkan selamat datang kepada Kapolda Jatim di Makodim 0828/Sampang. Karena, dalam pelaksanaan Apel Sinergitas sebelumnya dilaksanakan di jajaran Polda, yaitu di Brimob dan Polres. Ia berharap agar apel sinergitas TNI/Polri di wilayah Jatim terus ditingkatkan. Sebab, kegiatan sinergitas tersebut merupakan sebuah komitmen Panglima TNI dan Kapolri setiap kegiatan keduanya selalu bersama-sama, sehingga bisa membawa kesejukan, keteduhan, dan kedamaian sampai ke tingkatan bawah.

BACA JUGA :  PEMKAB SUMENEP AJAK APRESIASI GERAKAN AYO BERKURBAN OLEH LAZISNU

“Tujuan dalam pelaksaan Apel Sinergitas ini adalah untuk meningkatkan sinergitas yang sudah terjalin dan terjaga selama ini antara TNI/Polri dan aparat pemerintah daerah, yang selama ini di wilayah Jatim sangat bagus sekali. Oleh karena itu, di wilayah Jatim sampai saat ini situasinya tetap kondusif, termasuk di wilayah Kabupaten Sampang. Kami mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polda Jatim dan juga Polres Sampang, serta aparat Pemerintah Kabupaten Sampang yang telah menjaga kondusifitas di wilayah Jatim. Walaupun di Kabupaten Sampang sendiri masih menyisakan satu kegiatan PSU Pilkada Kabupaten Sampang, dan ini merupakan satu-satunya wilayah Indonesia, karena wilayah lainnya sudah selesai melaksanakan. Jadi, nantinya PSU di Kabupaten Sampang akan menjadi sorotan nasional. Oleh karena itu, kami bersama Kapolda beserta pejabat di Kodam dan Polda akan hadir dalam pelaksanaan PSU nanti, dalam rangka melihat kesiapan dan memberikan motivasi kepada seluruh pihak terkait. Selain itu juga menunjukkan kepada masyarakat Indonesia bahwa sinergitas TNI/Polri dan aparat pemerintah daerah dalam mengamankan jalannya PSU di Kabupaten Sampang tetap terjalin. Ini harus kita laksanakan dengan kerja keras, dan harus tetap terjalin sinergi antara pihak-pihak terkait. Mudah-mudahan PSU Pilkada Kabupaten Sampang ini bisa berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Sehingga, nantinya persiapan pelaksanaan Pemilu dan Pilres 2019 bisa berjalan dengan baik,” pungkas Jenderal TNI dengan 2 bintang tersebut. (msa)

Telah dibaca : 29 kali.