ZIARAH KUBUR LELUHUR UNTUK MEMPERINGATI HARJAD KABUPATEN SAMPANG KE 395

Forkopimda Kabupaten Sampang beserta sejumlah Kepala OPD, Toga dan Tomas tengah foto bersama usai tabur bunga di makam Ratoh Ebu, Rabu (28/11/2018).
Forkopimda Kabupaten Sampang beserta sejumlah Kepala OPD, Toga dan Tomas tengah foto bersama usai tabur bunga di makam Ratoh Ebu, Rabu (28/11/2018).

Sampang, Pojok Kiri – Setelah sejumlah rangkaian kegiatan telah dilaksanakan, kali ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang mengadakan ziarah kubur para leluhur dalam rangka memperingati Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Sampang yang ke 395 tahun 2018, Rabu (28/11/2018). Untuk Harjad tahun ini mengambil tema ‘Kita Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan, Menuju Sampang Bermartabat’.

Aaaaaaaaaa Ziarah kubur para leluhur yang dilaksanakan di sejumlah tempat bersejarah di wilayah Kecamatan Sampang dimotori oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sampang. Sejumlah tempat untuk ziarah diantaranya Bhujuk Aji Gunung di Kelurahan Gunung Sekar, Pebabaran Pangeran Trunojoyo di jalan Pahlawan, Makam RPH Moh Noer di jalan Merapi, Makam Santo Merto di Kelurahan Karang Dalam, dan puncak kegiatan ziarah bertempat di komplek makam Ratoh Ebu di kampung Madegan Kelurahan Polagan.

Kegiatan ziarah kubur tersebut dihadiri Forkopimda Kabupaten Sampang, Sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Tokoh Agama dan Masyarakat setempat, dan warga sekitar turut bergabung. Dalam kegiatan dimaksud Bupati Sampang H Jonathan Judianto berhalangan hadir karena sedang menerima penghargaan di Jakarta, sehingga kegiatan ziarah dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sampang Puthut Budi Santoso, didampingi Kepala Disporabudpar Sampang Aji Waluyo.

Setelah sejumlah rangkaian kegiatan hingga prosesi pembacaan doa dan dzikir di komplek makam Ratoh Ebu tersebut usai. Sekdakab Sampang Puthut Budi Santoso dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ziarah kubur terhadap makam para leluhur Kabupaten Sampang tersebut merupakan bentuk penghargaan atas perjuangan yang telah dilakukan para leluhur sebelumnya.

“Tahun 2018 ini kita tengah memperingati hari jadi Kabupaten Sampang yang ke 395. Tujuan ziarah kubur yang memang rutin dilakukan setiap tahunnya merupakan wujud untuk memberikan penghargaan atas nilai-nilai perjuangan yang telah dilakukan para leluhur dan pendiri Kabupaten Sampang. Untuk itu, masyarakat Kabupaten Sampang harus bisa memahami akan nilai-nilai sejarah yang ada di Kabupaten ini. Agar nantinya bisa menjadi motivasi untuk lebih mencintai Kabupaten Sampang,” ujarnya, Rabu (28/11/2018).

BACA JUGA :  MINTA DIANGKAT MENJADI PNS, FHK2I PAMEKASAN SERBU KANTOR BUPATI

Sementara itu, Kepala Disporabudpar Sampang Aji Waluyo mengungkapkan jika kegiatan ziarah kubur makam leluhur tersebut merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka memperingati Harjad Kabupaten Sampang yang ke 395 pada tahun 2018 ini.

“Pada hari jadi Kabupaten Sampang yang 395 pada tahun ini, kami berharap bisa dijadikan sebuah momentum untuk menumbuhkan jiwa persatuan dan kesatuan bagi masyarakat Kabupaten Sampang sendiri, dengan tujuan untuk mencapai dan mewujudkan kesejahteraan rakyat bersama. Untuk puncak kegiatan hari jadinya nanti akan digelar malam resepsi yang akan digelar di Pendopo Trunojoyo Sampang, Insyaallah tanggal 1 Desember 2018 nanti,” pungkasnya. (msa)

Telah dibaca : 55 kali.