KOMISI III DPRD SUMENEP MINTA OPD PERKETAT PENGAWASAN PROYEK FISIK

Kantor DPRD Kabupaten Sumenep.

Sumenep, Pojok Kiri – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep meminta agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau Dinas terkait agar memperketat pengawasan terhadap pengerjaan proyek fisik di beberapa titik yang ada di kabupaten paling timur Pulau Madura ini. Tujuannya agar bisa meminimalisir terjadinya penyimpangan.

Aaaaaaaaaa “Pengawasan proyek fisik di Kabupaten Sumenep hendaknya diperketat. Hal tersebut untuk memastikan pekerjaan itu sesuai dengan perencanaan dan rencana anggaran belanja (RAB). Dengan begitu akan meminimalisir penyimpangan proyek,” kata Anggota Komisi III DPRD Sumenep, Abdurahman Taufik, Selasa (11/12/2018).

Anggota Komisi III DPRD Sumenep, Abdurahman Taufik.

Pengawasan tidak hanya dilakukan terhadap proyek fisik yang dikeluarkan oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Namun juga yang dibiayai oleh Negara atau Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Pihaknya menyarankan agar OPD dapat melakukan pengawasan secara berlapis.

Pengawasan harus dilakukan mulai dari start pekerjaan sampai tuntas. Sehingga, jika ada temuan yang tidak sesuai spesifikasi bisa langsung dilakukan perbaikan oleh pihak rekanan, tidak usah menunggu pekerjaan selesai. Jadi, pengawasan ini dimaksudkan agar dalam pekerjaan proyek yang dianggarkan sesuai dengan harapan masyarakat.

“Tentunya kualitasnya bangunan bagus. pada intinya, pekerjaan itu jangan hanya asal jadi saja, melainkan harus memerhatikan aspek kualitas juga. Sebab, di bawah sudah banyak warga yang mengeluh terkait pekerjaan proyek,” tambahnya.

Selain itu, Politisi dari partai amanat nasional (PAN) ini juga mengajak kepada masyarakat agar turut serta melakukan pengawasan terhadap proyek fisik yang dikerjakan oleh rekanan. Apabila ditemukan tidak sesuai dengan harapan dan ketentuan segera melaporkan kepada pihak terkait. Bahkan dirinya akan selalu turut serta melakukan pengawasan bersama masyarakat.

BACA JUGA :  PEMKAB SUMENEP MENCANANGKAN KAMPUNG IB

“Meskipun secara teknis instansi terkait yang harus melakukan secara intensif. Namun saya juga sebagai wakil Rakyat bertanggung jawab untuk ikut memastikan proyek tersebut berkualitas atau tidak. Dan, pelaksanaan proyek harus bisa diselesaikan tepat waktu,” ungkapnya.

Pihaknya, sambung taufik memang mengakui saat ini sejumlah proyek di bumi Sumekar ini, sudah hampir semua terealisasi. Tidak hanya proyek kecil, melainkan proyek dengan anggaran besar juga sudah direalisasikan.

“Apalagi, masa anggaran dari kegiatan ini sudah hampir berakhir. Kami harap juga sesuai tepat waktu sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan,” pungkasnya. (adi/msa)

Telah dibaca : 14 kali.