BERI PENDIDIKAN PEMILU PEMILIH PEMULA, KPU SAMPANG GOES TO SCHOOL

Komisioner KPU Sampang Addy Imansyah (berdiri), Komisioner KPU Sampang H Miftahur Rozaq (peci), dan Yudi (kanan)  dalam kegiatan KPU Sampang Goes to School, Jumat (14/12/2018).

Sampang, Pojok Kiri – Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) yang dijadwalkan akan digelar serentak bersama dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada Rabu 17 April 2019 mendatang terus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang. Setelah sehari sebelumnya menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih terhadap penyandang disabilitas. Lembaga penyelenggara pemilu tersebut kembali melakukan sosialisasi yang sama dengan sasaran kepada pelajar yang tentu saja menjadi pemilih pemula.

Aaaaaaaaaa Kegiatan sosialisasi dimaksud mengambil tema ‘Goes to School’ yang digelar KPU Kabupaten Sampang dengan mendatangi lembaga pendidikan SMA Sabilillah di Kecamatan Sampang Kota pada Jumat (14/12/2018). Pada Kegiatan tersebut, Komisioner KPU Sampang H Miftahur Rozaq dan Addy Imansyah menjadi narasumber.

Acara tersebut mendapat respons positif dari para siswa/siswi di lembaga pendidikan tersebut. Sedikitnya ada sekitar 120 siswa/siswi maupun santri/santriwati turut hadir dan sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi Pemilu 2019 itu. Selain dilakukan simulasi tata cara pencoblosan terhadap pemilih pemula, narasumber secara bergantian juga memberikan pemahaman tentang Pemilu 2019.

Komisioner KPU Sampang H Miftahur Rozaq selaku Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Parmas dan SDM) mengungkapkan bahwa KPU Sampang menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Pemilu 2019 bertema ‘Goes to School’ dengan sasaran para pemilih pemula. Salah satunya di lembaga pendidikan SMA dan Pondok Pesantren Sabilillah.

“Alhamdulillah para siswa sangat antusias sekali mengikuti kegiatan sosialisasi Pemilu 2019 yang kami lakukan. Dalam kegiatan itu, kami memaparkan tentang bagaimana tahapan dan tata cara pencoblosan. Mengingat para pemilih pemula belum pernah melakukan pencoblosan sebelumnya. Sehingga sangat penting bagi kami untuk memberikan pemahaman tentang pemilih pemula agar bisa menjadi pemilih yang cerdas,” ungkapnya, Jumat (14/12/2018).

BACA JUGA :  KPS PAMERAN LAGI, KALI INI BERTAJUK BAHASA HATI KARYA SEPASANG AYAH DAN PUTRINYA

Rozaq juga menjelaskan jika dalam kegiatan itu tidak hanya serius melakukan pemaparan tentang Pemilu 2019 dan pemilih pemula. Tetapi juga diselingi acara santai dengan menyanyikan lagu jingle Pemilu 2019 beserta yel-yel pemilih pemula yang cerdas.

“Antusiasme siswa/siswi memang luar biasa. Mereka memiliki semangat dan motivasi yang tinggi untuk mengikuti kegiatan yang kami gelar. Agar kegiatan tidak berjalan monoton dan membosankan, maka kami mengajak para siswa/siswi untuk menyanyikan jingle Pemilu 2019 dan juga yel-yel tentang pemilih pemula cerdas,” jelasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Sampang Addy Imansyah selaku Divisi Teknis Perencanaan dan Data menambahkan bahwa selain sebagai salah satu kegiatan sosialisasi dengan segmen pemilih pemula. Kegiatan ‘Goes to School’ tersebut merupakan bagian dari literasi tentang Pemilu 2019, agar pemilih pemula, dalam hal ini para siswa/siswi bisa memahami tentang aspek-aspek tentang Pemilu.

“Harapan kami para pemilih pemula itu bisa menjadi pemilih cerdas. Yakni pemilih yang mampu menggunakan pertimbangan dalam memilih calon Legislatif dan juga Presiden pada Pemilu 2019 pada Rabu 17 April tahun depan,” pungkas mantan Panwaskab Sampang tersebut. (msa)

Telah dibaca : 22 kali.