PPK SAMPANG GELAR RAPAT EVALUASI TINDAK LANJUT SURAT BAWASLU

Suasana Rapat Evaluasi rekomendasi Bawaslu Sampang tingkat PPK Sampang, di kantor Kecamatan Sampang, Jumat (25/01/2019) siang.

Sampang, Pojok Kiri – Untuk menindaklanjuti surat Bawaslu Kabupaten Sampang nomor 008 dan 009 /Bawaslu.Prov.JL-23/I/2019 melalui Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sampang menggelar Rapat Evaluasi bersama dengan sejumlah partai politik (parpol) pimpinan anak cabang (PAC) yang ada di Kecamatan Sampang, Panwascam Sampang, PPS dan PLL se Kecamatan Sampang.

Aaaaaaaaaa Dalam rapat yang digelar di aula kantor Kecamatan Sampang pada Jumat (25/01/2019) tersebut dihadiri sejumlah perwakilan parpol, Panwascam, PPS dan PPL tingkat Kecamatan Sampang. Juga tampak hadir perwakilan dari Polsek Kota Sampang dan Koramil 0828/01 Sampang.

Ketua PPK Sampang M Sodik mengungkapkan jika rapat evaluasi tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti surat rekomendasi Bawaslu Kabupaten Sampang untuk mencermati kembali DPTHP-2. Pihaknya selaku PPK melaksanakan perintah KPU untuk menindaklanjuti surat rekomendasi itu dengan meneruskannya kepada PPS se Kecamatan Sampang.

“Sebelumnya kami mengadakan Rakor bersama KPU Sampang pada Senin (21/01/2019) lalu. Dalam rakor itu kami diminta untuk menindaklanjuti surat rekomendasi Bawaslu melakukan pencermatan DPTHP-2. Dalam rentang batas waktu 4 hari sejak tanggal 21 kami meminta PPS untuk turun ke bawah mencermati surat rekomendasi Bawaslu Kabupaten Sampang. Hasilnya kami mengumpulkan seluruh perwakilan parpol yang ada di Kecamatan Sampang beserta undangan lainnya untuk menggelar rapat evaluasi ini,” ungkapnya, Jumat (25/01/2019).

Penyerahan Berita Acara oleh Ketua PPK Sampang kepada perwakilan parpol PBB.

Sodik menjelaskan jika DPTHP-2 berdasarkan rekomendasi surat Bawaslu Kabupaten Sampang itu untuk Kecamatan Sampang ada 538 pemilih yang direkomendasikan untuk dilakukan pencermatan ulang. Hasilnya ada 198 pemilih ganda, 31 meninggal dunia, 1 tidak dikenal, serta Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan lainnya ada 13 orang.

BACA JUGA :  50 ANGGOTA DPRD SUMENEP PERIODE 2019-2024 RESMI DILANTIK

“Dari jumlah yang direkomendasikan untuk dilakukan pencermatan itu kami menindaklanjuti dengan mencoret 243 pemilih, dan 295 lainnya masih tetap dalam DPTHP-2. Alhamdulillah seluruh perwakilan parpol yang hadir menerima hasil pencermatan yang telah kami lakukan,” jelasnya.

Sementara itu, Ach Sukardi selaku Ketua PAC Partai Amanat Nasional (PAN) Kecamatan Sampang meminta agar ke depannya jika panitia penyelenggara pemilu melakukan pencermatan data pemilih ke tingkat bawah agar melibatkan parpol yang ada.

“Kami menyetujui dan menerima hasil pencermatan itu. Tetapi kami menyarankan kepada pihak panitia penyelenggara pemilu, dalam hal ini PPK Sampang agar ke depannya jika melakukan pencermatan data pemilih melibatkan perwakilan parpol, supaya nantinya tidak terjadi permasalahan seperti yang terjadi saat ini,” pungkasnya. (msa)

Telah dibaca : 29 kali.