BANYAK KULINER KHAS SAMPANG SIAP MANJAKAN WISATAWAN

Nasi Kobel Camplong

 

Sampang tidak hanya patut mendapat sebutan Kota Bahari saja. Tetapi mulai sekarang para pelancong yang datang pasti tidak akan pernah lupa bahwa berkuliner di Kabupaten Sampang sangat luar biasa. Berikut adalah kuliner andalan Kabupaten Sampang:

DEPOT AL-GHOZALI
Depot ini berada di Jl. Diponegoro 34A Sampang, Kelurahan Banyuanyar. Salah satu menu andalan khas di depot ini adalah Kaldu sumsum, dan yang membuat unik dari tempat ini adalah cara penyajiannya. Kaldu disajikan lengkap dengan tulang dengkul sapinya, sehingga penikmat kuliner bisa menikmati sumsum menggunakan sedotan layaknya minum es teh.

Depot Al-Ghozali ini dikelola oleh Hj. Nur Hasanah yang merupakan anak dari Abah Ghozali, dan keberadaan depot tersebut sudah berdiri sekitar 40 tahun. Depot ini buka mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB, dan puncak keramaian biasanya pada pukul 12.00 WIB saat jam makan siang.

Ada yang spesial bumbu tambahan Ramuan Khas Madura yang biasanya sangat disukai oleh para pencinta kuliner. Sementara harga dari kaldu sumsum ini ada dua variasi. Untuk kaldu sumsum biasa dibanderol dengan harga Rp45.000, sedangkan untuk yang spesial seharga Rp75.000.

Depot Al-Ghozali

BEBEK SONGKEM PAK SALIM
Bebek Songkem sendiri merupakan salah satu makanan khas dari Madura yang dijual di rumah makan Jalan Agus Salim 34 Kecamatan Sampang. Bagi kalian yang senang dengan cita rasa makanan pedas, bebek songkem ini sangat cocok sekali untuk dinikmati. Daging bebek ini jika dimakan memang terasa pedas serta dagingnya yang kenyal membuat perbedaan dengan rasa bebek goreng lainnya.

Bebek Songkem merupakan bebek utuh yang sudah dibersihkan dan diberi bumbu lalu dibalut dengan daun pisang kemudian dikukus kurang lebih 4 jam, sehingga membuat daging dari Bebek Songkem ini menjadi sangat empuk dan bumbunya menjadi sangat terasa.

BACA JUGA :  MELINDO UCAPKAN SELAMAT DILANTIKNYA BUPATI DAN WABUP SAMPANG, INI HARAPAN PEMILIK PERUSAHAAN

Warung ini dibuka mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB. Warung Bebek Songkem ini menyediakan dua varian rasa Bebek Songkem, yaitu Bebek Songkem Natural yaitu Bebek Songkem biasa yang hanya dikukus saja. Dan ada Bebek Songkem Goreng. Untuk harga Bebek Songkem Kukus dibanderol Rp60.000, sedangkan untuk Bebek Songkem Goreng Rp65.000. Untuk satu Bebek Songkem bisa dinikmati 4 hingga 5 orang.

NASI KOBEL
Mendengar nama kuliner yang satu ini, bayangan kita pasti tertuju pada daerah pesisir sebelah timur kota Sampang. Tepatnya di kecamatan Camplong. Nasi kobel memang identik dengan kuliner ala warga pesisir pantai Camplong Sampang.

Pada awalnya nasi ini merupakan bekal yang dibuatkan para istri nelayan masyarakat setempat ketika suami mereka hendak pergi melaut. Lauk yang dibuat pun cukup sederhana, seperti ikan tongkol atau cakalang, tahu, sambal kelapa dan sambal khas Madura “Buje Cabbih” (garam dan cabai).

Asal-usul nama Kobel menurut warga setempat diambil dari dua kata dalam bahasa Madura ”korang abelih”, yang artinya kalau kurang kembali. Jika anda ingin menikmati kuliner ini, anda cukup mengeluarkan uang Rp5.000 sampai Rp10.000 per porsinya.

Masakan ini dapat kita jumpai mulai dari pantai Camplong hingga ke arah timur pasar Camplong. Mereka biasanya berjualan mulai pukul 14.00 WIB siang sampai menjelang subuh sembari menunggu nelayan- nelayan setempat pulang melaut.

Ciri khas kuliner ini ada pada sambal parut kelapanya yang dalam bahasa Madura disebut “sambhel” (sambal, red). Sambal yang biasa kita jumpai biasanya disangrai atau dikukus, maka disini sambal kelapanya di panggang/dipepes bersama potongan tanah liat menggunakan pecahan cobek atau pecahan genteng sehingga membuat rasa dan aroma sambal kelapanya unik dan tidak berbau “sangit” (istilah jawa).

BACA JUGA :  BUPATI SAMPANG JADI IRUP UPACARA PERINGATAN HARI SANTRI TAHUN 2018

DHUN ADHUN
Walaupun banyak bermunculan kuliner modern namun Dhun Adhun tetap mengisi tempat dan hati masyarakat Kabupaten Sampang Madura Jawa Timur. Dhun Adhun menjadi salah satu kuliner khas Sampang karena jenis makanan serupa tidak ada di daerah lain.

Makanan ini terdiri dari lontong atau ketupat dengan kuah yang terbuat dari campuran santan dan bumbu lengkap seperti laos, ketumbar, merica, bawang merah dan bawang putih serta di taburi serundeng (sambhel) jagung yang di tumbuk halus Dhun Adhun siap disantap.

Konon kuliner ini sempat menjadi tren, bahkan masyarakat Sampang selalu sarapan pagi dengan Dhun Adhun. Seiring perkembangan zaman dan maraknya kuliner modern yang bermunculan, Dhun Adhun hampir dilupakan. Namun Dhun Adhun masih tetap melekat di hati masyarakat, terbukti kebutuhan masyarakat akan Dhun Adhun cukup tinggi, dan masih banyak penjual Dhun Adhun yang merasa jualannya laris manis

Beberapa penjual yang fokus menjual Dhun Adhun dan mempunyai pelanggan tetap ada di jalan Permata, Terate, Hasyim As’ari, Wahid Hasyim dan Pasar Tradisional Rongtengan maupun Pasar Srimangunan.

SATE – GULE MUFAKAT
Untuk para pencinta kuliner yang terbuat dari daging kambing, anda perlu mencicipi sate-gule mufakat. Kata Mufakat jika orang Madura membacanya jadi Mupakat yang artinya Mantap. Depot Sate-Gule Mufakat terletak di pusat kota Sampang, tepatnya Jl. Hasyim Ashari 25 sebelah Utara Tugu Monumen Trunojoyo.

Depot Mufakat buka pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB, tapi biasanya ramai ketika jam makan siang. Pembelian sate ini tidak harus sepaket dengan gulenya. Tetapi bisa memesan salah satunya saja, sesuai selera penikmat kuliner yang ingin mencicipi. Selain sate dan gule, di depot ini juga menyediakan berbagai macam Camilan khas Madura seperti rengginang lorjuk, kripik tette, ting-ting kacang , dan lainnya.

BACA JUGA :  ANGGOTA DPRD SAMPANG PERIODE 2019-2024 RESMI DILANTIK, PIMPINAN SEMENTARA FADOL DAN AMIN

RUJAK ROK EROK
Merupakan makanan tradisional khas sampang yang hingga kini masih diminati. Rok erok ini terdiri dari beberapa bahan diantaranya pepaya yang masih setengah matang, kripik tette (kripik singkong ditumbuk khas Madura), mentimun, bengkuang, nanas, belimbing, kedongdong, mangga muda, dan di bumbui petis cair yang dicampur dengan sambal. Uniknya rujak rok erok di Sampang ini dinikmati dengan pentol.

Harga rujak rok erok ini tidak akan bikin jebol kantong kalian. Karena harganya hanya berkisar antara Rp3.000 hingga Rp5.000. Dari segi rasa, rujak ini memiliki ciri khas yang unik, umumnya rujak rok erok ini dinikmati dalam rasa yang membakar lidah alias super pedas. (*/Disporabudpar Sampang)

Telah dibaca : 74 kali.