PROPAM POLDA JATIM TAHAN 3 ANGGOTA POLRES SAMPANG POSITIF NARKOBA

Kapolsek Sokobanah Iptu Iwan Kusdianto (tengah) saat menjalani tes urine di Mapolres Sampang, Selasa (30/07/2019).

Sampang, Pojok Kiri – Pihak Polres Sampang terkesan masih menutup-nutupi keberadaan 3 Anggotanya yang sebenarnya saat ini tengah ditahan oleh pihak Bid Propam Polda Jatim. 3 Anggota itu Aipda S dan Brigpol E merupakan anggota Polsek Sokobanah, sementara Brigpol W anggota Sabhara Polres Sampang. Ketiga anggota tersebut ditangkap sehari setelah narkoba seberat 3 kilogram yang datang dari Malaysia berhasil diungkap pada Selasa (23/07/2019) siang.

Berdasarkan hasil tes urine, ketiga anggota itu ternyata positif menggunakan narkoba jenis Sabu. Sehingga Bid Propam Polda Jatim hingga saat ini masih menahan 3 anggota itu. Dampak dari penangkapan 3 anggota itu, Bid Propam Polda Jatim melakukan sidak ke Polres Sampang pada Selasa (30/07/2019) untuk melakukan tes urine terhadap 174 anggota mulai dari Bintara, Perwira Pertama (Pama), hingga Perwira Menengah (Pamen).

Informasi dari internal Polres Sampang menyebutkan jika ketiga anggota itu diduga kuat terlibat dalam jaringan narkoba internasional. Informan Pojok Kiri juga memaparkan jika Aipda S dan Brigpol E diduga menjadi backing dari sejumlah bandar yang ada di wilayah Kecamatan Sokobanah. Sementara Brigpol W sendiri satu tim dengan Brigpol E.

Saat dikonfirmasi, Kaur Binplin Provost Polda Jatim Kompol M Asroni Khadafi menjelaskan jika kedatangannya bersama tim Dokkes Polda Jatim atas perintah Kabid Propam Polda Jatim Kombes Pol Hendra Wirawan untuk melakukan deteksi dini penyalahgunaan narkoba.

“Memang ada indikasi keterkaitan penahanan 3 anggota Polres Sampang itu. Inilah upaya deteksi dini yang kami lakukan, dan ternyata hanya beberapa oknum itu saja yang dinyatakan positif pengguna narkoba, termasuk 3 orang yang sudah kami amankan di Polda Jatim. Harapan kami kepada seluruh anggota jajaran Polres Sampang agar cukup 3 orang anggota saja yang dibawa ke Polda karena positif narkoba, dan selebihnya jangan sampai ada lagi,” jelasnya, Selasa (30/07/2019) di depan ruang lobi Polres Sampang didampingi Wakapolres Kompol Suhartono.

BACA JUGA :  DIDUGA TERLIBAT JARINGAN NARKOBA INTERNASIONAL, 3 ANGGOTA POLRES SAMPANG MASIH DITAHAN?
Sejumlah hasil tes urine Perwira dan Anggota Polres Sampang.

Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Sampang Ipda Eko Puji Waluyo kepada sejumlah wartawan memberikan pernyataan yang terkesan menutup-nutupi keterkaitan tes urine yang dilakukan Bid Propam Polda Jatim dengan kasus yang menjerat 3 anggota itu. Ia membantah jika tes urine itu ada kaitannya dengan kasus 3 anggota Polres Sampang yang diduga terlibat jaringan narkoba antar Malaysia-Sokobanah itu.

“Kegiatan tes urine ini gak ada kaitannya dengan kasus 3 anggota itu. Memang kegiatan semacam ini operasi rutin yang dilakukan oleh Bid Propam dan Dokkes Polda Jatim. Sebetulnya, kegiatan seperti ini rutin dilakukan sebulan sekali. Untuk anggota yang mengikuti tes urine sebanyak 174 orang, untuk sisanya minggu depan yang akan dilakukan intern Polres Sampang sendiri. Alhamdulillah semuanya negatif,” tutupnya. (msa)

Telah dibaca : 76 kali.