PELAYANAN SKCK POLRES SAMPANG TAK BERES DAN PROSESNYA LAMA

Kantor Pelayanan SKCK Polres Sampang terlihat sudah tutup. Foto diambil pada Senin, 18 Maret 2019, pukul 14.00 WIB.

Sampang, Pojok Kiri – Pelayanan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres Sampang ternyata prosesnya lama dan tidak beres. Petugas pelayanan juga terlihat kurang ramah terhadap masyarakat pemohon. Selain itu, jam operasional pelayanan tidak sesuai dengan apa yang telah diatur oleh Polri, seperti yang tercantum pada laman https://skck.polri.go.id

Ketidakberesan pelayanan SKCK di Polres Sampang itu seperti dialami sendiri oleh Manajer Koran Pojok Kiri Biro Madura Raya, Mahardika Surya Abrianto. Sebelumnya, ia mengurus pembuatan SKCK melalui online di laman https://skck.polri.go.id pada Sabtu, tanggal 16 Maret 2019, dan dalam keterangan berkas pendaftaran online SKCK tersebut tertulis jelas Kantor Pengurusan di Polres Sampang, dengan Waktu Operasional hari Senin – Jumat pukul 08.00 – 15.00 WIB. Namun, saat datang ke kantor pelayanan SKCK di Polres Sampang pada hari Senin (18/03/2019) pukul 14.00 WIB ternyata sudah tutup.

“Saya mengacu pada berkas yang saya dapatkan dari pendaftaran online itu. Bahwa waktu operasionalnya sudah jelas tertera dalam berkas pendaftaran online itu. Tetapi saya merasa kecewa karena pelayanannya sudah tutup sebelum pukul 15.00 WIB seperti apa yang sudah tertera jelas dalam berkas pendaftaran online yang saya lakukan itu. Saat saya menanyakan kepada beberapa anggota Polres Sampang katanya sudah tutup sejak pukul 12.00 WIB. Sementara di depan kantor pelayanan SKCK itu tidak terpampang hari dan jam operasional. Itu menunjukkan pelayanan SKCK di Polres Sampang tidak beres,” ujarnya dengan kecewa, Kamis (21/03/2019).

Lembar berkas pendaftaran online SKCK dari Polri.

Selain itu, mantan Jurnalis Foto Radar Madura tersebut juga mengaku kecewa dengan pelayanan penerbitan SKCK yang sangat lama prosesnya. Sebab, pemberkasan sudah lengkap pada Selasa (19/03/2019), tetapi kenyataannya saat akan diambil pada Kamis (21/03/2019) siang masih belum selesai juga. Itu menunjukkan ketidakberesan pelayanan SKCK di Polres Sampang.

BACA JUGA :  4 PERWIRA POLRES PAMEKASAN MASUK GERBONG MUTASI

“Pemberkasan semua persyaratannya sudah selesai pada Selasa kemarin, tetapi sampai Kamis ini masih belum beres, alasannya karena belum ditandatangani Kapolres. Padahal hari Rabu Kapolres ada di Kantornya. Berarti itu menunjukkan lambannya proses penerbitan SKCK dari Satuan Intelkam Polres Sampang. Seharusnya Rabu kemarin itu sudah bisa ditandatangani Kapolres, dan Kamis ini bisa saya ambil,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Sampang AKBP Budi Wardiman yang dikonfirmasi melalui layanan whatsapp (WA) berdalih jika pelayanan SKCK dimaksud tutup lebih awal kemungkinan sedang ada acara. Saat ditanya kenapa setelah 2 hari sejak proses SKCK itu belum selesai, Kapolres menjelaskan jika pada Kamis pagi berkasnya belum ada di meja kerjanya.

“Tutup lebih awal mungkin karena ada kegiatan, coba hubungi Kasat Intel,” jelasnya Senin (18/03/2019) sore.

Lebih lanjut pada Kamis (21/03/2019) siang. “Tadi pagi belum ada di meja saya, gak tahu kalau siang ini. Coba cek ke staf intel,” singkatnya melalui pesan WA yang posisinya tengah berada diluar Polres Sampang.

Dikonfirmasi terpisah, Kasat Intel Polres Sampang AKP Kariono menerangkan jika pelayanan SKCK di Polres Sampang diberlakukan 6 hari kerja Senin – Sabtu. Dengan jam operasional 08.00 – 14.00 WIB yang tidak sesuai dengan sistem pendaftaran online. Sehingga cukup membingungkan masyarakat yang mengurus pembuatan SKCK melalui sistem pendaftaran online.

“Polres Sampang menerapkan 6 hari kerja, jadi jam operasional pelayanan SKCK itu sampai pukul 14.00 WIB sesuai ketentuan juklak operasional Polri. Untuk kantor yang menerapkan 5 hari kerja, maka waktu operasional pelayanan SKCK sampai dengan pukul 15.00 WIB,” dalihnya pada Senin (18/03/2019) petang melalui pesan WA.

Juga dikonfirmasi, Kasubbag Humas Polres Sampang Ipda Eko Puji Waluyo saat dikonfirmasi menyatakan jika dirinya belum bisa menjawab terkait permasalahan pelayanan SKCK di Polres Sampang tersebut. Ia berdalih karena belum ada perintah, dan juga belum mengetahui permasalahan yang sebenarnya seperti apa.

BACA JUGA :  POLISI BELUM TEMUKAN PELAKU TABRAK LARI WARGA DESA BATUAN SUMENEP

“Saya belum bisa menjawab itu, karena tidak ada perintah. Nanti saya tanyakan dan koordinasi terlebih dahulu mas dengan pimpinan,” tukasnya. (len/red)

Telah dibaca : 48 kali.