PPK SAMPANG SOSIALISASI PEMILU 2019 SEGMEN KEAGAAMAN KEPADA SANTRI

PPK Sampang saat menggelar sosialisasi Pemilu 2019 dengan segmen keagamaan di Ponpes Assirojiyyah, Sampang, Jumat (22/03/2019).

Sampang, Pojok Kiri – Untuk meningkatkan partisipasi dan pengetahuan tentang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 yang akan digelar serentak seluruh Indonesia pada Rabu, 17 April 2019 mendatang. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sampang menggelar sosialisasi Pemilu 2019 dengan segmen keagamaan.

Kegiatan sosialisasi dimaksud digelar di Pondok Pesantren (Ponpes) Assirojiyyah yang berada di jalan Pemuda, Kelurahan Rongtengah usai Shalat Jumat (22/02/2019) siang. Dalam kegiatan itu, PPK Sampang memaparkan sejumlah materi terkait Pemilu 2019. Mulai dari penjelasan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), jenis dan warna surat suara, tata cara mencoblos, suara sah dan tidak sah, hingga simulasi panduan pemungutan suara di TPS.

Puluhan santri di Ponpes Assirojiyyah sangat antusias memperhatikan setiap pemaparan materi yang dilakukan secara bergantian oleh masing-masing anggota PPK Sampang. Seluruh santri yang mengikuti sosialisasi dimaksud dengan mudah memahami apa yang dijelaskan oleh pemateri. Itu terbukti dengan setiap pertanyaan yang dilakukan kepada santri bisa dijawab dengan gamblang.

Ketua PPK Sampang Moh Sodik mengungkapkan jika pihaknya kebagian tugas Sosialisasi Pemilu 2019 khusus untuk segmen keagamaan. Dalam kegiatan itu pihaknya bekerjasama dengan pihak pengasuh Ponpes Assirojiyyah untuk mengumpulkan puluhan santri yang akan diberikan materi terkait Pemilu 2019.

“Kebetulan kami kebagian tugas dari KPU Sampang untuk melakukan sosialisasi Pemilu tahun 2019 untuk segmen keagamaan. Jadi kami memilih Ponpes Assirojiyyah karena memang santri banyak, dan juga tak sedikit yang masuk dalam DPTb atau pindah pilih karena rata-rata santrinya merupakan pendatang dari luar Sampang,” ungkapnya, Jumat (22/03/2019).

Sodik juga mengucapkan terima kasih kepada pengasuh dan pengurus Ponpes Assirojiyyah yang telah membantu serta memfasilitasi PPK Sampang. Sehingga kegiatan sosialisasi Pemilu 2019 dengan segmen keagamaan tersebut bisa berjalan lancar.

BACA JUGA :  DISPENDUKCAPIL SAMPANG KEMBALI LAKUKAN PEREKAMAN E-KTP DI RUTAN KLAS IIB SAMPANG

“Kami berharap dengan adanya sosialisasi yang telah kami lakukan nantinya para santri bisa memahami tentang tahapan Pemilu 2019 hingga tata cara pemungutan suara, khususnya bagi santri di Ponpes Assirojiyyah. Selain Itu kami juga meminta agar kepada para santri yang telah mengikuti sosialisasi itu agar bisa menularkannya kepada para santri lainnya, termasuk para santri di pondok lainnya jika bertemu,” pungkasnya. (msa)

Telah dibaca : 38 kali.