50 ANGGOTA DPRD SUMENEP PERIODE 2019-2024 RESMI DILANTIK

50 Anggota DPRD Kabupaten Sumenep yang dilantik diambil sumpahnya di Pendopo Keraton, Rabu (21/08/2019).

Sumenep, Pojok Kiri – Sebanyak 50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur telah resmi dilantik pada Rabu (21/8/2019). Pengambilan sumpah anggota dewan hasil Pemilu 2019 ini digelar di Pendopo Keraton Sumenep oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) setempat.

Berdasarkan pantauan di lokasi, kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Sumenep Dr KH A Busyro Karim, Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Ketua DPRD Sumenep Herman Dali Kusuma, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Pimpinan OPD (organisasi perangkat Daerah), serta Camat dan keluarga besar anggota dewan yang baru.

Sebelum dilakukan pengambilan sumpah, terlebih dahulu dibacakan Surat Keputusan (SK) pemberhentian dan pengangkatan anggota dewan yang baru oleh Sekretaris DPRD Sumenep Ec Sustono. Kegiatan itu berlangsung khidmat dan penuh dengan keguyuban.

Prosesi Pelantikan 50 Anggota DPRD Kabupaten Sumenep, Rabu (21/08/2019).

Sidang paripurna istimewa pengambilan sumpah/janji Anggota DPRD Sumenep Periode 2019-2024 ini dipimpin Ketua DPRD Sumenep, H Herman Dali Kusuma. Namun setelah dilakukan pelantikan, pimpinan sidang diganti oleh Ketua Sementara DPRD Sumenep, KH Hamid Ali Munir.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan serah terima jabatan pimpinan DPRD Sumenep dari pimpinan yang lama yakni H Herman Dali Kusuma kepada pimpinan DPRD sementara yakni KH Hamid Ali Munir dan Indra Wahyudi.

H Herman Dali Kusuma selaku Ketua DPRD Sumenep periode 2014-2019 yang kembali terpilih kembali menjadi anggota DPRD Sumenep mengucapkan terimakasih kepada anggota DPRD yang sudah mengakhiri masa jabatan dan tidak terpilih kembali pada Pemilu 2019 lalu. Sebab, perjuangan dan dedikasi selama menjadi legislator sangat besar untuk kemajuan Sumenep.

Selain itu, pihaknya juga mengucapkan selamat kepada anggota dewan yang baru semoga amanah dalam memperjuangkan kepentingan rakyat. Sebab, masih banyak kepentingan-kepentingan rakyat yang harus diakomodir. “Perjuangan untuk mengawal aspirasi rakyat masih panjang. Selamat dan semoga amanah,” ujar Herman.

BACA JUGA :  TMMD KE 105 KOREM 084 BHASKARA JAYA DIPUSATKAN DI SAMPANG

Sementara itu, ketua sementara DPRD Sumenep, H Hamid Ali Munir, mengungkapkan, pihaknya akan fokus melakukan beberapa hal yang menjadi tugas pimpinan sementara. Yakni memfasilitasi pembentukan fraksi, penyusunan tata tertib dan pembentukan pimpinan definitif. Selain itu juga melakukan orientasi atau pelatihan bagi anggota yang baru.

“Kami akan memfasilitasi terbentuknya fraksi-fraksi. Ini yang harus dilakukan. Selanjutnya melakukan orientasi kepada anggota dewan yang baru dan pembentukan pimpinan definitif,” kata Hamid.

Ia berharap, dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat kedepan, para anggota dewan dapat bersinergi dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat. Sehingga dengan memanfaatkan fungsi sebagai legislatif dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Sumenep.

“Ke depan tidak boleh terkotak-kotak. Kita wajib untuk bekerja. Sebab tanggung jawab yang kita emban untuk mewujudkan janji-janji kepada masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Sumenep A Busyro Karim berharap satu hal pada anggota DPRD yang baru dilantik. Yakni peningkatan dari berbagai sektor ditubuh DPRD itu sendiri.

“Harapan saya kepada Anggota DPRD Kabupaten Sumenep yang baru dilantik harus ada peningkatan. Yang pertama semoga lebih pintar dan ada peningkatan SDM. Kedua peningkatan kedisiplinan dari segi waktu. Mudah-mudahan sidang paripurna tepat waktu dan tidak hanya dihadiri lima orang,” pintanya.

Orang nomor satu di Sumenep itu juga berharap agar DPRD Kabupaten Sumenep meningkat dari segi produktifitas. Raperda diharapkan bisa dibahas dan disahkan dengan tepat waktu karena hal tersebut sangat ditunggu oleh masyarakat. (adi/msa)

Telah dibaca : 40 kali.