KPS GELAR PAMERAN MENGENANG BUDAYAWAN ALM KH SHOLAHURROBBANI

Resepsi pembukaan Pameran Bersama KPS di Gesawiksa, Senin (26/08/2019) malam.

Sampang, Pojok Kiri – Setelah sempat vakum 2 bulan tidak menggelar pameran karena berbenturan dengan momentum Pemilu 2019 dan bulan Ramadhan 1440 Hijriyah. Kini Komunitas Perupa Sampang (KPS) kembali menunjukkan eksistensinya dengan menggelar pameran Seni Rupa di Gedung Seni Budaya Wijaya Kusuma Sampang (Gesawiksa).

Pameran kali ini mengusung tema Sang Pejuang 4 untuk mengenang mendiang Budayawan Sampang Alm KH S Sholahurrobbani. Kegiatan pameran bersama seluruh anggota KPS tersebut digelar selama 5 hari sejak tanggal 26 hingga 31 Agustus 2019, dan terbuka untuk umum gratis.

Dalam acara resepsi pembukaan pameran dimaksud pada Senin (26/08/2019) malam dihadiri Kepala Disporabudpar Sampang Aji Waluyo mewakili Bupati Sampang H Slamet Junaidi, Ketua PCNU Sampang KH Itqon Busiri yang juga adik kandung Alm S Sholahurrobbani, Anggota DPRD Kabupaten Sampang yang juga seorang seniman M Iqbal Fathoni, Istri Alm KH Sholahurrobbani Nyai Endang, keluarga besar KPS, serta para penikmat seni di Kabupaten Sampang.

dari kiri, KH Itqon Busiri, Kepala Disporabudpar Sampang Aji Waluyo, Ketua KPS Chairil Alwan, Nyai Endang istri mendiang Alm S Sholahurrobbani, Anggota DPRD Kabupaten Sampang M Iqbal Fathoni.

Kepala Disporabudpar Sampang Aji Waluyo dalam sambutannya berharap agar kegiatan pameran yang rutin digelar KPS tersebut bisa terus berlanjut seperti tahun-tahun sebelumnya dengan semakin baik ke depannya. Ia juga berharap dengan adanya seniman yang saat ini menjadi Anggota DPRD Kabupaten Sampang bisa mendukung pihak eksekutif, sehingga kegiatan untuk para seniman bisa tercapai nantinya.

“Sepeninggal KH S Sholahurrobbani Dewan Kesenian Sampang (DKS) sampai saat ini belum ada ketua yang menggantikannya, dan ini perlu kita bicarakan bersama. Oleh karena itu saya menginginkan kegiatan-kegiatan kesenian semacam ini ada induk organisasi yang mewadahinya, yakni DKS. Kami atas nama pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan semacam ini, dan kami upayakan tetap menghadirinya. Kami berharap para pelaku dan penikmat seni budaya harus bersama-sama untuk memajukan seni budaya di Kabupaten Sampang,” ujarnya, Senin (26/08/2019).

BACA JUGA :  TANPA BUPATI, PEMBUKAAN PAMERAN SENI RUPA KPS BANI ALWAN TETAP MERIAH

Di tempat yang sama, KH Itqon Busiri selaku adik kandung Alm S Sholahurrobbani yang juga menjabat Ketua PCNU Sampang mengungkapkan bahwa kegiatan pameran dimaksud merupakan sebuah kebanggaan dan kehormatan yang besar bagi keluarga mendiang Budayawan dan mantan Ketua DKS juga KPS itu. Dirinya mengucapkan terima kasih kepada KPS yang telah mengapresiasi kegiatan pameran untuk mengenang Alm KH Sholahurrobbani.

“Ini merupakan sebuah kehormatan yang sangat besar bagi keluarga kami. Saya berpikir kegiatan pameran mengenang kakak saya ini hanya beberapa kali saja. Ternyata masih berlangsung hingga tahun ke 4 ini. Untuk itu, dalam kesempatan pembukaan pameran ini saya ajak para santri agar bisa menikmati dan mengapresiasi karya seni. Kami atas nama keluarga tidak bisa memberikan apa-apa, karena saya diundang dan dikabari mendadak, semoga Allah SWT yang membalas kebaikan rekan-rekan KPS,” ungkap Kiai Itqon.

Lanjutnya. “Kami juga mengucapkan banyak terima kasih yang masih mengenang salah satu Anggota keluarga kami. Mudah-mudahan apa yang telah almarhum sampaikan dalam kebersamaannya menjadi kenangan baik, dan dapat dilaksanakan juga dengan baik. Ambillah semua kebaikannya, dan singkirkanlah semua kejelekannya. Mudah-mudahan kebaikan almarhum menjadi tuntunan kita bersama menjadi orang baik,” imbuhnya.

Suasana pasca pembukaan Pameran Seni Rupa KPS.

Sementara itu, Ketua KPS Chairil Alwan menyampaikan bahwa sosok Nyai Endang istri mendiang Alm S Sholahurrobbani yang selalu mendukung KPS pada saat almarhum menjadi Ketua KPS. Almarhum juga sangat banyak membimbing kami semasa hidupnya, sehingga sangat layak untuk kita kenang, dan Insyaallah akan kami kenang terus selama KPS tetap ekses dan berdiri.

“Alhamdulillah peserta pameran bersama kali ini diikuti oleh 30 orang seniman yang semuanya merupakan anggota KPS, mulai dari unsur anggota lama juga yang baru turut menampilkan karyanya dalam pameran kali ini. Pameran kali ini memang sesuai dengan agenda kami bahwa setiap bulan Agustus untuk mengenang jasa Alm S Sholahurrobbani. Sehingga oleh KPS dikenang dengan diberi predikat Sang Pejuang. Memang beliau betul-betul berjuang di KPS, sehingga bisa hidup dan ekses hingga saat ini. Kami tetap akan ekses berpameran setiap bulannya, setiap tahun. Semboyan kami adalah, kami berbuat tidak karena siapa-siapa, tetapi kami ada untuk siapa-siapa,” pungkasnya. (msa)

BACA JUGA :  PAMERAN TUNGGAL KPS CELLENG POTE DIHADIRI KASDIM 0828/SAMPANG

Telah dibaca : 14 kali.