DPRD SUMENEP GELAR PARIPURNA PENETAPAN CALON PIMPINAN DEFINITIF

Suasana rapat paripurna penetapan calon pimpinan definitif, Rabu (11/9/2019).

Sumenep, Pojok Kiri – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar rapat paripurna penetapan calon pimpinan definitif, Rabu (11/9/2019).

Rapat Paripurna ini dipimpin ketua DPRD sementara, Abdul Hamid Ali Munir. Dalam rapat paripurna tersebut, politisi PKB ini mengumumkan empat nama calon pimpinan definitif yang direkomendasikan oleh partainya masing-masing.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai partai pemenang dengan perolehan kursi terbanyak merekomendasikan Abdul Hamid Ali Munir sebagai Ketua DPRD Sumenep. Kemudian kursi Wakil Ketua diduduki oleh Indra Wahyudi dari Partai Demokrat, Ahmad Salim dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Faisal Muhlis dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Ketua DPRD sementara, Abdul Hamid Ali Munir mengatakan, pasca dilakukan penetapan dan pengumuman ini, DPRD Sumenep akan berkirim surat kepada Gubernur Jawa Timur untuk dibuatkan Surat Keputusan (SK).

“Usulan Pimpinan DPRD Sumenep definitif ini nantinya akan segera dikirimkan kepada Gubernur Jawa Timur. Untuk surat pengantarnya nanti atasnama Bupati Sumenep,” kata Abdul Hamid Ali Munir, Rabu (11/09/2019).

Untuk mempercepat proses terbitnya SK, pihaknya akan langsung mengusulkan nama-nama calon pimpinan definitif itu. Pimpinan dewan definitif harus segera ada karena berkaitan dengan proses pembentukan alat kelengkapan dewan.

“Hari ini kami langsung mengirimkan nama calon pimpinan itu ke Gubernur melalui Bupati. Saya berharap SK turun sebelum 15 hari,” ujarnya.

Hamid menambahkan, sesuai aturan yang ada, paling lama SK tersebut turun 15 hari setelah surat disampaikan ke Gubernur. Selama belum definitif, DPRD Sumenep tidak bisa melaksanakan kegiatan yang berdampak terhadap kebijakan dan keuangan. Seperti melakukan kunjungan dalam rangka konsultasi.

“DPRD Sumenep sebelumnya juga telah menetapkan dan mengumunkan fraksi-fraksi melalui Rapat Paripurna. Setidaknya ada tujuh fraksi yang diumumkan pada Senin (9/9/2019) lalu,” pungkasnya. (adv/adi/msa)

BACA JUGA :  SALAH SATU ANGGOTA DPRD SAMPANG MEMBAWA ISTRI ORANG SAAT PELANTIKAN

Telah dibaca : 8 kali.