BERKUNJUNG KE MUSEUM KERATON SUMENEP, PULUHAN WISMAN DISAMBUT TARI “NYELLOK AENG”

Penyambutan dengan pertunjukan tarian tradisional.

Sumenep, Pojok Kiri – Puluhan wisatawan mancanegara (Wisman) kembali melakukan kunjungan wisata ke Museum Keraton Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin (16/9/2019).

Dalam kunjungan tersebut, para pelancong asing ini disambut dengan tarian tradisional “Nyellok Aeng”.
Sebelum berkunjung ke Museum Keraton, para Wisman terlebih dahulu berkunjung ke Masjid Jamik Sumenep. Dari masjid yang dibangun pada abad 17 tersebut, para wisatawan berkeliling di Taman Adipura untuk selanjutnya berjalan kaki menuju museum.

Kasi Kerjasama dan Investasi, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Fadilatus Zahra, mengungkapkan, wisatawan asing yang berkunjung ke Sumenep hari ini berjumlah 144 orang. Namun yang berkunjung ke Museum Keraton sebanyak berjumlah 22 orang, sementara sisanya berkunjung ke Pantai Sembilan.

“Total ada 144 Wisman yang berkunjung ke Sumenep, cuma yang turun mengikuti city tour sebanyak 22 orang,” katanya, Senin (16/9/2019).

Ia menjelaskan, wisatawan mancanegara yang berkunjung tersebut berasal dari lima negara, yakni Belgia, Amerika, Austria, Itali dan Francis. Namun wisatawan terbanyak berasal dari Belgia.

Selain disambut dengan penampilan tari, para wisatawan asing juga disuguhi berbagai macam makanan tradisional yang menjadi ciri khas Sumenep, seperti Kettas, apen dan rengginang serta berbagai macam produk batik dan keris.

“Produk khas Sumenep ini kita libatkan sebagai upaya untuk untuk menyejahterakan para pelaku usaha,” imbuhnya.

Wanita yang biasa disapa Fat ini menambahkan, kunjungan wisman ini merupakan hasil kerjasama antara Pemkab Sumenep dengan Destination Asia yang intens mendatangkan kapal pesiar. Untuk tahun ini, ada delapan paket kunjungan wisman yang dimulai sejak bulan Mei hingga bulan September.

“Ini sudah tahun ketiga kita kerjasama dengan Destination Asia. Khusus bulan September ini ada tiga kunjungan wisman ke Sumenep,” pungkasnya. (adv/adi/msa)

BACA JUGA :  KODIM 0828/SAMPANG MULAI BEDAH RUMAH PAK MAWAN

Telah dibaca : 15 kali.