DPRD SUMENEP GELAR PARIPURNA PENGAMBILAN SUMPAH PIMPINAN DEFINITIF

Pimpinan DPRD Kabupaten Sumenep diambil sumpahnya oleh Ketua PN Sumenep, Senin (23/09/2019).

Sumenep, Pojok Kiri – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar rapat paripurna pengambilan sumpah pimpinan definitif periode 2019-2024. Prosesi pengambilan sumpah/janji jabatan tersebut digelar di ruang rapat Paripurna, Senin (23/9/2019).

Berdasarkan SK Gubernur Jawa Timur nomor : 171.435/1289/011.2/2019, posisi ketua DPRD dijabat politisi PKB, Abdul Hamid Ali Munir. Sementara wakil ketua masing-masing dijabat oleh Indra Wahyudi dari partai Demokrat, Ahmad Salim dari PPP dan Faisal Mukhlis dari PAN.

Pada pelaksanaannya, prosesi pengambilan sumpah dipimpin ketua Pengadilan Negeri (PN) Sumenep dengan disaksikan Wakil Bupati, Achmad Fauzi, Forkopimda, pimpinan OPD, camat dan anggota dewan yang lain.

Setelah diambil sumpahnya, seluruh pimpinan definitif menandatangani berita acara.

Ketua DPRD Sumenep, Abdul Hamid Ali Munir, mengungkapkan, pihaknya berkomitmen akan menjalankan tugas dan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya.

Menurutnya, Ketua DPRD bukanlah sekedar jabatan atau kedudukan semata, melainkan sebuah amanah dan tanggung jawab untuk mewujudkan cita-cita bersama untuk Sumenep yang lebih maju, lebih sejahtera dan bermartabat.

“Kami optimis dimasa mendatang akan mewujudkan DPRD sebagai lembaga perwakilan yang lebih Representative, Harmonis dan Produktif,” kata ketua DPRD Sumenep, Abdul Hamid Ali Munir, Senin (23/9/2019).

Untuk mewujudkan visinya tersebut, pihaknya ke depan akan melibatkan semua elemen-elemen politik dengan menjalin kerja sama yang harmonis. Selain itu, pihaknya juga akan memperkuat memperkuat tiga fungsi dasar DPRD, yaitu fungsi legislasi, pengawasan dan fungsi anggaran.

“Hal-hal yang sudah berjalan baik selama ini akan dilanjutkan sementara hal-hal yang perlu dibenahi harus diperbaiki dan dicarikan jalan keluarnya,” tegasnya.

Sementara, Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi, mengucapkan selamat dan sukses kepada pimpinan DPRD definitif yang baru dilantik. Menurutnya, keempat pimpinan tersebut merupakan kader-kader terbaik dari partainya masing-masing untuk menduduki posisi strategis di lembaga legislatif.

BACA JUGA :  BANYAK KULINER KHAS SAMPANG SIAP MANJAKAN WISATAWAN

“Ke depannya jangan sampai ada lagi perdebatan tentang pimpinan DPRD karena sudah menjadi perintah partainya masing-masing,” ujar Fauzi.

Ia berharap, ke depan semua pihak bisa fokus bekerja untuk mewujudkan kabupaten Sumenep yang lebih maju dan sejahtera. Sebab, untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan peran dari semua pihak baik dari eksekutif, legislatif dan yudikatif.

“Jadi tidak bisa bergantung pada satu elemen saja, tetapi ada pemisahan peran untuk saling menguatkan antara berbagai pihak. Legislatif ini sebagai pembuat kebijakan, dan Eksekutif sebagai pelaksana kebijakan dan Yudikatif sebagai pengawas kebijakan,” imbuhnya. (adi/msa)

Telah dibaca : 13 kali.