RIBUAN MAHASISWA AKSI TOLAK RKUHP DEPAN KANTOR DPRD SUMENEP

Aksi Mahasiswa di depan kantor DPRD Kabupaten Sumenep, Kamis (26/09/2019).

Sumenep, Pojok Kiri – Ribuan massa mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahassiswa Sumenep (AMS) lantang menolak beberapa pasal dalam RUU KUHP dan peraturan lainnya yang menjadi polemik. Kamis (26/9/2019), sekitar jam 09.00 wib, di Jalan Trunojoyo, tepatnya Depan Gedung DPRD Sumenep.

Berdasarkan pantauan dilapangan, Para Mahasiswa nyatakan sikap ke DPRD Sumenep agar aspirasinya disampaikan ke DPR-RI. Para Mahasiswa menyerukan seruan moral untuk selamatkan demokrasi Indonesia.

Spanduk panjang dan poster terpampang “Revisi RUU yang kontoversi dengan rakyat”, “Indonesia Bersatu”, “Urusan Kelamin Bukan Urusan Negara, Urusin Koruptor jangan Ngurus Resliting Orang” banyak lagi poster yang dipangpangkan oleh massa aksi.

Koordinator Umum Anas Syafii dalam orasinya menyampaikan mahasiswa Sumenep merasa kecewa atas pasal pasal yang diduga mendiskreditkan masyarakat.

“Kami minta DPRD berpihak pada masyarakat dan menolak pasal kontroversi yang merugikan masyarakat,” ujar Anas dalam orasinya.

Beberapa peraturan yang perlu di revisi diantaranya, pertama RUU Pertanahan yang mengkonsilidir kepentingan korporate untuk menguasai tanah rakyat dan mengkriminaslisasi rakyat dalam penggusuran lahan.

Selain itu, tuntutan mahasiswa dianataranya yakni harus menghapus pasal pasal irrasional dan deskriminatif dan kaji ulang RUU KHUP. “Hapus pasal pasal problematis dalam RUU Pemasyarakatan, revisi dan hapus pasal pasal pro koruptor yang melemahkan kinerja KPK dalam UU KPK dan Kembalikan hak buruh dalam revisi UU Ketenagakerjaan,” tegasnya secara lantang.

Mahasiswa sempat menerebos masuk kekantor, untuk menemui semua anggota DPRD agar menyafakan sikap kometmen memperjuangkan aspirasi mahasiswa hingga ke DPR Pusat. Salah satu bentuknya dengan menggalang tanda tangan dewan Sumenep sebagai bentuk kometmen guna mengawal aspirasi mahasiswa.

“Dewan sudah tanda tangan dan berjanji pada kami untuk menindak lanjutinya ke DPR RI, kami akan tunggu hingga 3 hari mendatang dan akan kembali mempertanyakan hasilnya,” ujar Anas.

BACA JUGA :  KOMISI I MENCIUM ADANYA PERMAINAN TES TULIS DAN WAWANCARA PILKADES SAMPANG 2019

Sementara itu Ketua Dewan Sumenep Hamid Hali Munir akan sesegera mungkin untuk menindak lanjuti aspirasi mahasiswa ke pusat.

“Kami sudah menandatangani kometmen dengan mahasiswa dan kami akan ke DPR RI, yang jelas saya pribadi mendukung gerakan mahasiswa” pubgkasnya. (adi/msa)

Telah dibaca : 11 kali.