GALI POTENSI DAN KEMAMPUAN SISWA SMP, MKKS BANGKALAN GELAR LPS-3

Prosesi pemotongan pita untuk menandai diresmikannya kegiatan LPS-3.

Bangkalan, Pojok Kiri – Sebanyak 77 SMP Swasta mengikuti Lomba Potensi Siswa SMP Swasta (LPS-3) se Kabupaten Bangkalan. Kegiatan tersebut bertempat di SMP Islam Blega, Jl. Raya Anyar, Desa Karang Panasan,  Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan pada Sabtu (19/10/2019).

Ribuan pelajar diuji kemampuan akademiknya dan menyalurkan bakat terbaiknya di ajang tersebut. Itu bertujuan untuk membangun potensi siswa dan menjalin silaturahmi antar lembaga pendidikan tingkat SMP Swasta se Kabupaten Bangkalan.

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana Sobri menyampaikan bahwa kegiatan LPS-3 tersebut sebagai wadah para siswa untuk menyalurkan tenaga, bakat dan talenta mereka di kegiatan yang positif.

“Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Swasta Kabupaten Bangkalan yang bertujuan untuk menjalin silaturrahmi antar lembaga SMP Swasta, dan supaya bisa menggali potensi siswa dari aspek akademik maupun non akademik”, ujarnya.

Sobri memaparkan, dalam kegiatan LPS-3 tahun ini tercatat ada 1.016 siswa yang menjadi peserta. Diantaranya berasal dari 77 SMP Swasta se Kabupaten Bangkalan yang turut andil dalam perlombaan dengan 11 cabang lomba.

“Kegiatan ini dikuti oleh 77 lembaga SMP Swasta dengan 1.016 peserta se Kabupaten Bangkalan. Ada 11 cabang yang diperlombakan, diantaranya lomba Mata Pelajaran (mapel) Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Lomba Futsal, lomba melukis, lomba Puisi, lomba Pidato, lomba Telling Story, lomba Tartil Qur’an, lomba Karya Ilmiyah Remaja, dan lomba Volly”, paparnya.

Foto bersama usai kegiatan peresmian LPS-3.

Dikesempatan yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangkalan Jupri Kora, yang turut hadir dalam acara tersebut menuturkan jika kegiatan ini meliputi 3 hal. Yang pertama bertujuan untuk ajang silaturrahmi, kedua ajang tahunan, dan ketiga ajang potensi serta pretasi dari olah raga, seni, dan mata pelajaran, sehingga nantinya akan ada seleksi.

BACA JUGA :  Mahasiswa IAIN Madura Tuding Ada Oknum Panitia PBAK Lakukan Pungli

“Kegiatan semacam ini nantinya akan berlanjut ke tingkat nasional. Tentunya pada seleksi tingkat provinsi dan nasional juga akan digelar ajang lomba prestasi olah raga, seni, dan pelajaran. Jadi kami tinggal mengambil para siswa yang berpotensi di lomba ini, karena secara otomatis ini adalah penyeleksian,” tuturnya.

Sementara itu, dalam sambutanya Wakil Bupati Bangkalan, Moh Mohni menyampaikan bahwa kegiatan LPS-3 itu merupakan sarana para guru, kepala sekolah, para pembina maupun para siswa-siswi SMP Swasta se Kabupaten Bangkalan.

“Pemerintah Kabupaten Bangkalan tidak pernah membedakan mana murid yang ada di SMP negeri maupun l SMP Swasta. Semuanya sama dimata Pemerintah karena semua adalah calon atau kader-kader pemimpin daerah maupun Bangsa di masa yang akan datang”, jelasnya.

Wabub berharap kepada semua Guru SMP swasta di Bangkalan agar lebih meningkatkan prestasi dibidang keilmuan maupun olahraga, dan juga dibidang kepemimpinan dari para siswa.

“Supaya nantinya agar lebih dipersiapkan dengan baik. Karena ketika masuk di sekolah yang lebih tinggi atau diperguruan tinggi agar bisa meningkatkan siswa-siswi yang berprestasi”, ucapnya.

Lanjutnya. “Untuk tahun depan, LPS-3  tidak lagi memperebutkan piala dinas, melainkan piala Bupati,” ujar mantan Kepala Dinas Pendidikan tersebut. Kedepannya semua sekolah swasta harus bisa. Karena ini ajang untuk mengadu di mapel maupun olahraga,” pungkas Wakil Bupati Bangkalan tersebut. (ris/msa)

Telah dibaca : 32 kali.