FPTI JATIM DAN PAMEKASAN SUKSES GELAR ROCK CLIMBING GATHERING V JATIM 2019

Penampakan tebing alam MahaWaru Co’ Ghunong di Desa Waru Barat, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan.

Pamekasan, Pojok Kiri – Pasca menggelar Kejurprov II Panjat Tebing Jatim 2019 di Unira Kabupaten Pamekasan beberapa waktu yang lalu. Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jawa Timur (Jatim) melanjutkan program kerjanya dengan menggelar kegiatan Rock Climbing Gathering V Jatim 2019 dengan panitia pelaksana Pengurus Kabupaten (Pengkab) FPTI Pamekasan.

Kegiatan dimaksud dilaksanakan selama 3 hari sejak tanggal 15 hingga 17 November 2019 bertempat di tebing alam MahaWaru Co’ Ghunong, Desa Waru Barat, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan. Dalam kegiatan tersebut diikuti sejumlah Pengkab/Pengkot FPTI se Jatim yang masing-masing membawa anggotanya, baik organisasi pencinta alam maupun perorangan.

Ketua Umum Pengprov FPTI Jatim Dhanu Iswara (kanan) bersama Ketua Umum Pengkab FPTI Pamekasan Dedy Wardana usai penanaman pohon, Minggu (17/11/2019).

Ketua Umum Pengprov FPTI Jatim Dhanu Iswara mengungkapkan bahwa pelaksanaan kegiatan Rock Climbing Gathering V Jatim 2019 selama 3 hari itu merupakan program kerja FPTI Jatim pada bidang panjat tebing alam. Untuk tahun 2019 ini mengambil lokasi tebing alam di wilayah Kabupaten Pamekasan yang dinilainya cukup representatif digunakan kegiatan panjat tebing alam.

“Kegiatan ini bertujuan untuk pembinaan dan pembelajaran bagi anggota FPTI terhadap kegiatan panjat tebing di alam bebas. Untuk itu, kami menindaklanjuti program kerja bidang panjat tebing alam FPTI Jatim menggelar kegiatan ini dengan mengundang seluruh FPTI se Jatim bersama klub panjat tebing, organisasi PA, maupun perorangan yang menjadi anggota masing-masing Pengkab atau Pengkot FPTI se Jatim,” ungkapnya, Minggu (17/11/2019).

Kegiatan panjat tebing alam di MahaWaru Co’ Ghunong, Desa Waru Barat, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan.

Dhanu juga memaparkan dalam kegiatan dimaksud tidak hanya melakukan pemanjatan tebing alam saja. Tetapi, selama 3 hari para peserta Rock Climbing Gathering V Jatim 2019 itu diberikan pembekalan materi seperti pemanjatan bersama kategori top rope dan lead, dasar-dasar rock climbing level 1, serta disisipi sharing tentang olahraga panjat tebing alam. Dirinya merasa bersyukur kegiatan dimaksud berjalan dengan lancar dan sukses tanpa adanya kendala yang berarti.

BACA JUGA :  KEMBANGKAN CABOR PANJAT TEBING, PENGKAB FPTI SAMPANG STUDI BANDING KE FPTI PAMEKASAN

“Dalam kegiatan rock climbing gathering V Jatim 2019 ini para peserta camping selama 3 hari dengan membawa tenda dan perbekalan sendiri, karena memang panitia tidak memungut biaya sepeser pun. Kegiatan ini juga sebagai sarana ajang pertemuan agar saling mengenal antar klub, organisasi PA, maupun perorangan pencinta olahraga panjat tebing alam yang ada di Jatim,” paparnya.

Penyampaian materi tentang panjat tebing alam dan ajang silaturahmi antar anggota FPTI se Jatim pada malam hari.

Lanjut Dhanu. “Kami juga menghadirkan sejumlah pemateri untuk menularkan wawasan pengetahuan tentang dasar-dasar rock climbing atau panjat tebing alam untuk level 1, materi tentang panjat tebing alam millenial, materi rope access dengan tema dari hobi menuju profesi. Pada hari terakhir kami juga melakukan kegiatan penghijauan dengan menanam pohon bersama di sekitar tebing alam MahaWaru Co’ Ghunong sebagai bentuk apresiasi dan kecintaan kami untuk melestarikan alam,’ pungkas pria berkumis yang murah senyum tersebut. (msa)

Telah dibaca : 18 kali.