2 PAMA JABATAN STRATEGIS POLRES SAMPANG AKAN DIGANTI

Petikan surat telegram Kapolda Jatim terkait mutasi perwira jajaran Polda Jatim.

Sampang, Pojok Kiri – Pergantian perwira pertama (Pama) di tubuh Polres Sampang kembali terjadi. Berdasarkan surat telegram Kapolda Jawa Timur (Jatim) nomor ST/2498/XI/KEP/2019 tertanggal 19 November 2019 tercatat ada 2 Pamen Polres Sampang yang masuk gerbong mutasi perwira jajaran Polda Jatim.

Pama itu adalah AKP Anita Kurdi yang baru menjabat 4 bulan sebagai Kasatlantas Polres Sampang, tepatnya dilantik tanggal 2 Agustus 2019 lalu itu akan segera pindah tugas sebagai Kasubbaghumas Bagops Polres Tulungagung, dan jabatannya akan digantikan AKP Ayip Rizal yang sebelumnya menjabat Kasatlantas Polres Tanjung Perak.

Satu lagi, AKP Subiyantana yang menjabat Kasatreskrim Polres Sampang selama 7 bulan, tepatnya dilantik pada tanggal 11 Mei 2019 lalu itu akan bergeser menduduki jabatan barunya sebagai Pahit II Unit IV Subdit I Ditresnarkoba Polda Jatim, dan jabatannya akan digantikan AKP Riki Donaire Piliang yang sebelumnya menjabat Kasatresnarkoba Polres Banyuwangi.

Kapolres Sampang AKBP Didit Bambang Wibowo Saputro melalui Wakapolres Kompol Suhartono membenarkan adanya surat telegram Kapolda Jatim yang di dalamnya ada 2 Pamen Polres Sampang masuk gerbong mutasi jajaran Polda Jatim itu.

“Memang benar telegram itu. Dua Pamen yang geser itu Kasatlantas dan Kasatreskrim. Terkait pergantian perwira di tubuh Polri itu memang sudah menjadi hal yang biasa untuk penyegaran dan keberlangsungan karier perwira yang bersangkutan. Untuk kewenangan yang pergantian perwira itu ada di Polda, dan kami selaku Polres hanya bisa menerima serta melaksanakan sesuai dengan surat telegram Kapolda Jatim itu,” ungkapnya.

Ketika ditanya kenapa baru beberapa bulan menjabat sudah diganti. Suhartono menegaskan jika kewenangan pergantian perwira itu berada di Polda. “Kami tidak bisa menolak kalau sudah ada surat telegram Kapolda Jatim itu. Karena kewenangan pergantian perwira itu sudah ranahnya Polda, dan kalau Polres hanya berwenang melakukan pergeseran tingkat bintara saja. Untuk prosesi serah terima jabatan (sertijab) itu menunggu kebijakan Kapolres yang menentukan,” tutupnya. (msa)

BACA JUGA :  HMI GELAR UNRAS, DESAK POLRES BANGKALAN USUT TUNTAS UJARAN KEBENCIAN DAN KEKERASAN

Telah dibaca : 26 kali.