KONDISI BANGUNAN SDN KRANGGAN BARAT 1 RUSAK PARAH, INI KATA DISDIK BANGKALAN

Kondisi bangunan SDN Kranggan Barat 1, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan rusak parah.

Bangkalan, Pojok Kiri – Kondisi bangunan SD Negeri Kranggan Barat 1, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan sangat memperihatinkan. Beberapa ruang kelas, khususnya ruang kelas 4, 5 dan 6 atapnya bocor dan langit-langit ruangannya terbuka lebar, sehingga dikhawatirkan akan ambruk.

Kabar tentang kondisi bangunan yang memprihatikan ini, Dinas Pendidikan (Disdik) setempat angkat bicara. Ditemuai diruangannya, Kasi Kelembagaan Sarana Prasarana Disdik Kabupaten Bangkalan Mohammad Toha menjelaskan, pihaknya akan segera memberikan bantuan jika data-data kerusakan di SDN Kranggan Barat 1 kecamatan Tanah Merah tersebut sudah sesuai dengan data yang terkumpul dalam sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

“Data yang dimasukkan di dapodik harus sesuai dengan keadaan sekolah. Jika memang kondisi rusak, maka harus diisi sesuai realita,” Paparnya saat diwawancarai oleh Pojok Kiri, Senin (25/11/2019).

Menurut Toha, seluruh data yang ada dalam Dapodik tersebut tergantung pada operator sekolah saat melakukan input data. Sehingga, pihaknya akan segera mengawal jika sesuai dengan data riil termasuk beberapa kerusakan sarana dan prasarana di SDN Kranggan Barat I Bangkalan itu.

“Selama itu mendesak, dan sangat memungkinkan untuk mendapatkan bantuan, maka bisa menggunakan SK Bupati,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Bangkalan Nurhasan menyoroti kinerja Disdik Bangkalan lantaran hingga saat ini SDN Kranggan Barat 1 itu justru luput dari perhatian pemerintah. Pasalnya, beberapa ruangan belajar justru tidak layak digunakan, sehingga berdampak pada tidak maksimalnya kegiatan belajar mengajar.

“Untuk memberikan bantuan itu kan banyak pintu. Bisa melalui APBD II, Dana Alokasi Khusus (DAK), atau Bantuan Keuangan (BK),” papar kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Nurhasan berharap pihak Disdik Bangkalan bisa secepatnya turun tangan untuk memberikan bantuan agar para siswa di sekolah itu bisa melangsungkan KBM di ruangan dan gedung yang layak.

BACA JUGA :  TAK PUAS JAWABAN POKJA XI ULP, CV PUTRA TUNGGAL LAYANGKAN SURAT KEBERATAN DAN SANGGAH BANDING

“Kami meminta kepada pihak Disdik tidak tutup mata, dan mau memperhatikan kelangsungan SDN Kranggan Barat 1,” pintanya.

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, Sutrisno salah satu  wali murid siswa kelas IV mengatakan selalu khawatir jika sewaktu-waktu atap bangunan sekolah dimaksud roboh. Terlebih saat ini sudah memasuki musim penghujan yang sering disertai angin kencang.

“Saya merasa khawatir dan was-was melihat keadaan tiga ruang kelas yang seperti itu. Sebagai wali murid, saya berharap Disdik memperhatikan pendidikan yang ada di desa, khususnya pada bangunan sekolah yang rusak parah agar segera direnovasi. Tujuannya agar anak-anak bisa belajar dengan tenang,” tandasnya. (ris/msa)

Telah dibaca : 11 kali.