SUMENEP SPEKTAKULER DISAMBANGI TURIS AUSTRALIA

Sumenep, Pojok Kiri – Event Sumenep Spektakuler yang digelar pemerintah kabupaten Sumenep berlangsung meriah. Acara yang di gelar di sebelah timur taman adipura di sambut meriah dengan masyarakat yang menontonnya.

Acara kali ini banyak menampilkan kesenian dan budaya yang di wariskan sejak dahulu. Berbagai ksenian diataranya tari topeng, tari muang sangkal, tari gambu, saronen, ludruk sumenep, hadrah, sahamman, kendang dumik, sandur, seni batik, karawitan, ojung, galundahang, macopat, musik tongtong dan kerajinan topeng.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Carto menejelaskan kegiatan yang di rangkai menampilkan berbagai seni dan kebudayaan Sumenep kali ini di sambut dengan antusiasme masyarakat.

“Saya sangat puas sajalah mereka bisa menikmati,” ujarnya, Rabu (27/11/2019).

Dia menambahkan, sejak beberapa hari sebelumnya pihaknya kedatangan tamu dari Negara Australia yang juga menyempatkan diri untuk mengenal secara langsung seni dan kebudayaan dalam acara tersebut.

“Mr Ron ini sudah dua hari disini, kebetulan saya yang mengajaknya untuk melihat acara ini,” terangnya.

Kedatangan Mr. Ron sendiri sebelumnya, lanjut Carto, dia berkeliling menikmati berbagai wisata di Sumenep salah satunya seperti pantai-pantai.

“Dia sudah ke pantai Lombang, pantai Gililabak, pantai Sembilan, keraton dan lainnya. Bahkan dia tertarik untuk investasi di wisata pantai Lombang,” sambung mantan Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) itu.

Dia berharap seniman dan budayawan bisa terus mengembangkan tradisi leluhur yang bertahan sampai detik ini. “Seniman dan budayawan atau yang punya sanggar-sanggar ayo bergerak seni ini kita kembangkan,” harapnya.

Sementara itu, Mr. Ron mengaku tertarik akan seni dan budaya yanh di miliki Sumenep. “Saya senang bisa datang dan menikmati langsung acara ini, terutama saya suka ‘Jaran Kencak’ itu menarik,” katanya.

BACA JUGA :  KABUPATEN SAMPANG MASUK 10 UNGGULAN TERBAIK PAWAI SENI BUDAYA JATIM SPECTA NIGHT CARNIVAL 2018

Dirinya juga berencana bakal menanam investasi untuk potensi wisata pantai, menurutnya wisata pantai Lombang sangat prospek kedepannya. “Saya sangat tertarik untuk investasi di pantai Lombang,” tutupnya. (adi/msa)

Telah dibaca : 6 kali.