HOME // Militer // Militer // Sosial Masyarakat

KODIM 0828 SAMPANG RAMPUNGKAN 540 UNIT RUTILAHU TA 2019

   Manager POJOK KIRI Madura Raya
 Pada: Desember 15, 2019
Dandim 0828 Sampang Letkol Czi Ary Syahrial (pegang tongkat komando) tengah meninjau proses renovasi Rutilahu di Kecamatan Ketapang beberapa waktu lalu. (Foto: Intel Kodim 0828 Sampang)

Sampang, Pojok Kiri – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) tidak hanya menjadi garda terdepan menegakkan kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) saja. Tetapi, TNI AD juga menjalankan fungsinya dalam membantu tugas pemerintah di daerah melalui program Operasi Bakti TNI dan Karya Bakti TNI. Selain itu juga membangun, memelihara, meningkatkan dan memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Salah satu kegiatan sosial dan bentuk sinergitas dengan pemerintah daerah di Kabupaten Sampang. TNI AD Komando Distrik Militer (Kodim) 0828 Sampang menjalankan program renovasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) Tahun Anggaran (TA) 2019 yang ada di wilayah Kabupaten Sampang sebanyak 540 unit. Program dimaksud merupakan kerja sama Komando Daerah Militer (Kodam) V/Brawijaya dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim).

Pekerjaan renovasi Rutilahu 540 unit yang tersebar di 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Sampang rata-rata sudah rampung dikerjakan, dan sebagian ada yang masih dalam tahap pekerjaan penyelesaian akhir atau finising. Progres pekerjaan renovasi Rutilahu yang dikerjakan anggota Kodim 0828 Sampang pada TA 2019 itu dipastikan akan rampung 100 persen sebelum tutup tahun 2019 ini.

Babinsa Koramil 0828/07 Ketapang Serka Bahrudin melanjutkan penyelesaian renovasi Rutilahu di Desa Ketapang Laok Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang. (Foto: Intel Kodim 0828 Sampang)

Komandan Kodim (Dandim) 0828 Sampang Letkol Czi Ary Syahrial mengungkapkan jika pihaknya akan segera merampungkan pembangunan renovasi Rutilahu di wilayah Kabupaten Sampang dengan jumlah sebanyak 540 unit itu tanpa tersisa sebelum memasuki pergantian tahun 2019 menjadi 2020 nanti.

“Dari jumlah 540 unit Rutilahu yang kami kerjakan rata-rata sudah banyak yang rampung. Hanya saja masih tersisa beberapa unit saja yang saat ini masih dalam progres penyelesaian akhir atau finising. Tetapi kami tetap optimis program renovasi Rutilahu TA 2019 yang merupakan kerja sama Kodam V/Brawijaya dengan Pemprov Jatim ini akan rampung 100 persen sebelum tutup tahun 2019 ini,” ungkapnya, Minggu (15/12/2019).

BACA JUGA :  MAHASISWI ASAL SAMPANG MASIH DI CINA, BUPATI SIAP BANTU PEMULANGANNYA
Anggota Koramil 0828/06 Jrengik Pelda Sugeng dan seorang anggota melaksanakan giat renovasi Rutilahu di rumah ibu Nira Desa Taman Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang. (Foto: Intel Kodim 0828 Sampang)

Ary Syahrial juga menegaskan jika dalam proses pembangunan renovasi Rutilahu di wilayahnya tersebut, pihak tidak memungut biaya sepeser pun dari masyarakat penerima manfaat program yang diperuntukkan bagi keluarga tidak mampu tersebut. Ia menyatakan jika seluruh beban biaya sudah dianggarkan oleh Pemprov Jatim melalui Kodam V/Brawijaya hingga turun ke tingkat Kodim yang ada di Jatim.

“Saya sejak awal sudah menekankan kepada seluruh anggota Kodim 0828 Sampang agar jangan pernah meminta sesuatu apa pun, termasuk sejumlah uang kepada masyarakat penerima manfaat. Karena program renovasi Rutilahu ini sudah dibiayai dari anggaran Pemprov Jatim. Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada jajaran Kodim 0828 Sampang yang telah melaksanakan program renovasi Rutilahu ini dengan ikhlas dan setulus hati. Kami harapkan program ini bisa menjadi manfaat bagi masyarakat yang ekonominya kurang mampu dan tidak bisa memperbaiki rumahnya,” pungkas mantan Anggota Kopassus tersebut. (msa)

Telah dibaca : 51 kali.