HOME // Olahraga // Wisata

DESTINASI WISATA ALAM TERSEMBUNYI, FPTI SAMPANG SURVEI TEBING ALAM DI SOKOBANAH

   Manager POJOK KIRI Madura Raya
 Pada: Desember 18, 2019
Suasana alam yang jauh dari pemukiman warga, di Desa Tamberu Daya, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang, Rabu (18/12/2019).

Sampang, Pojok Kiri – Desa Tamberu Daya, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur ternyata memiliki destinasi wisata alam yang tersembunyi. Tak hanya memiliki pemandangan yang cukup indah, tetapi di lokasi tersebut memiliki banyak tebing alam yang bisa digunakan sebagai prasarana olahraga panjat tebing dan olahraga alam terbuka (outbound). Selain itu, juga terdapat aliran sungai dengan berbatuan yang cukup bagus, dan ada sumber air bersih yang bisa diminum.

Untuk memastikan tebing alam yang ada di lokasi tersebut bisa digunakan untuk dijadikan prasarana panjat tebing. Pengurus Kabupaten (Pengkab) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sampang melakukan survei ke lokasi didampingi tokoh masyarakat setempat, Tamsul.

Turut serta alam rombongan FPTI Sampang diantaranya Ketua Umum (Ketum) Ach Rahman Iswanto, Ketua Harian (Ketuhar) Ach Ayus Andika, Sekretaris Umum (Sekum) Mahardika Surya Abrianto, Biro Pelatih Adinegoro Anas Fajri, serta 3 atlet putra dan 3 atlet putri. Dengan membawa peralatan panjat tebing, rombongan dimaksud langsung menjajal salah satu tebing alam yang ada di lokasi itu.

Seorang atlet FPTI Sampang tengah menjajal tebing alam yang ada di Desa Tamberu Daya, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang, Rabu (18/12/2019).

Menurut Tamsul, salah satu tokoh masyarakat setempat mengungkapkan jika dirinya memang sengaja melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang memiliki tebing alam yang sangat indah dipandang. Dirinya bermaksud untuk bisa menjadikannya potensi wisata alam dan juga bisa dimanfaatkan sebagai prasarana latihan para pemanjat tebing alam.

“Lokasi ini memang sangat bagus untuk bisa dieksplor menjadi destinasi wisata alam pegunungan. Jadi, saya ingin menunjukkan bahwa di Kabupaten Sampang ini memiliki destinasi wisata alam pegunungan seperti yang ada di daerah lainnya. Di lokasi ini juga lengkap dengan aliran sungai yang memiliki sumber air bersih bisa dikonsumsi. Ke depannya lokasi ini bisa dieksplor menjadi destinasi wisata alam dengan dibangun permainan flying fox dan sepeda langit,” ungkapnya, Rabu (18/12/2019).

BACA JUGA :  DISPORABUDPAR SAMPANG GELAR FESTIVAL KULINER PERAHU MENUJU DEWI CEMARA

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) Pengkab FPTI Sampang Ach Rahman Iswanto sangat mengapresiasi apa yang menjadi keinginan dari Tamsul untuk menjadikan lokasi tersebut menjadi destinasi wisata alam pegunungan. Dirinya mengaku sangat senang sekali di Kabupaten Sampang sendiri ternyata memiliki tebing alam yang sangat bagus dengan pemandangan sekitarnya yang sangat indah.

“Setelah kami mendapatkan kiriman foto dan video dari saudara Tamsul tentang adanya tebing alam yang bisa dijadikan untuk pemanjatan tebing alam. Maka kami bersama rombongan dengan membawa peralatan panjat tebing lengkap langsung mengajak saudara Tamsul ke lokasi untuk melihat dan langsung mencoba melakukan pemanjatan di salah satu tebing dari sekian tebing yang ada di sana. Kami sudah mendokumentasikannya, setelah ini kami akan berkoordinasi dengan Pengprov FPTI Jawa Timur agar bisa turun langsung ke lokasi itu untuk melakukan survei dan mencatatnya sebagai salah satu tebing alam yang ada di Jawa Timur,” tutup pria yang berprofesi guru di SMA Negeri 2 Sampang tersebut. (msa)

Telah dibaca : 44 kali.