HOME // HOT News // Kesehatan // Pemerintahan

DIDUGA ADA PASIEN VIRUS CORONA DI RSUD SAMPANG, INI PENJELASAN DINKES

   Manager POJOK KIRI Madura Raya
 Pada: Februari 11, 2020
Potongan percakapan tentang informasi virus corona di grup Farmasi RSUD dr Mohammad Zyn Sampang.

Sampang, Pojok Kiri – Tersebar informasi melalui media sosial (medsos) pesan singkat Whatsapp bahwa di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Mohammad Zyn Sampang diduga ada pasien yang terjangkit virus corona. Informasi tersebut tersebar melalui grup dan status pesan singkat WA, dan ternyata cukup membuat masyarakat yang mendengarnya menjadi resah.

Saat Pojok Kiri melakukan konfirmasi kepada Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang, Agus Mulyadi menyatakan jika informasi itu Hoax. Dirinya akan melakukan klarifikasi terkait penyebaran informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dan cukup meresahkan masyarakat tersebut.

“Kalau gejala sakitnya panas, batuk, dan pilek itu belum tentu terserang virus corona. Sebab, dengan gejala seperti itu kemungkinan sakitnya bisa jadi pneumonia atau ispa. kemungkinan juga sakitnya demam berdarah. Tetapi saya akan klarifikasi kejelasannya itu sebenarnya penyakit apa. Yang jelas virus corona itu masuk ke Madura tentunya sulit. Seperti mahasiswi yang baru pulang dari Cina itu saja sampai saat ini Alhamdulillah kondisinya sehat,” jelasnya.

Terkait penyebaran berita bohong atau hoax itu, pihaknya akan melakukan kroscek penyebarannya itu sudah melalui grup WA atau antar individu. Menurutnya, jika hanya sebatas antar individu penyebarannya itu merupakan hak pribadi yang bersangkutan.

“Kalau penyebaran informasi Hoax itu hanya antar individu itu hak mereka. Tetapi kalau sudah melalui grup WA atau dijadikan status, maka kami akan melakukan klarifikasi terlebih dahulu sesuai dengan prosedur yang ada. Kalau itu grupnya pelayanan memang ada hubungannya, tetapi selain grup pelayanan, mereka tidak mempunyai kompetensi dan kapasitas untuk menyatakan tentang suatu penyakit itu. Tentunya, kami akan klarifikasi terlebih dahulu, selanjutnya akan kami beri teguran sesuai SOP yang berlaku,” tegasnya.

BACA JUGA :  RIBUAN MAHASISWA AKSI TOLAK RKUHP DEPAN KANTOR DPRD SUMENEP

Sementara itu, Direktur RSUD dr Mohammad Zyn Sampang dr Hj Titin Hamidah melalui pesan singkat WA menegaskan jika informasi tentang adanya pasien di rumah sakit pemerintah tersebut terserang virus corona itu tidak benar.

“Tidak benar informasi itu. Saya sudah kroscek tidak ada pasien suspek virus corona di RSUD dr Mohammad Zyn Sampang. Yang ada pasien dengan TB paru, yang saat ini tengah dirawat di ruang Tulip,” tutupnya singkat. (msa)

Telah dibaca : 17 kali.