HOME // Seni Budaya

KALI KE 2 DI 2020, KPS PAMERAN DENGAN TEMA ‘INI’

   Manager POJOK KIRI Madura Raya
 Pada: Februari 16, 2020
(dari kiri). Kasi Kebudayaan Disporabudpar Moh Mahdi, Ketua KPS Chairil Alwan, dan KH Itqon Busiri membuka pameran seni rupa bertajuk ‘INI’ di Gesawiksa, Kamis (13/02/2020) malam.

Sampang, Pojok Kiri – Untuk kalinya 2 di tahun 2020 ini Komunitas Perupa Sampang (KPS) menggelar pameran seni rupa. Pada pameran kali ini bertajuk ‘Ini Budi, Ini Satuman’ yang merupakan sepasang seniman bapak dan anak. Dalam pameran tersebut menampilkan karya seni almarhum Achmad Budi Cahyanto dan bapaknya, Satuman.

Pameran dimaksud digelar di Gedung Seni dan Budaya Wijaya Kusuma Sampang (Gesawiksa) sejak tanggal 13 hingga 17 Februari 2020. Pada pembukaan pameran yang digelar Kamis (13/02/2020) tersebut dihadiri seluruh anggota KPS, keluarga Satuman beserta istri dan anak almarhum Budi, adik mantan Ketua KPS KH Sholahurrabbani yakni KH Itqon Busiri yang juga menjabat Ketua PCNU Sampang beserta puluhan santrinya, Kasi Kebudayaan Disporabudpar Sampang Moh Mahdi, dan para pencinta seni di Kabupaten Sampang.

Dalam sambutannya, Satuman yang didampingi keluarganya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh undangan yang hadir pada pembukaan pameran dimaksud. Dirinya mengungkapkan jika pameran yang digelarnya kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk pameran kali ini dirinya menampilkan seni instalasi berupa diorama tentang almarhum Budi. Satuman bersyukur anaknya, Budi diberikan keahlian dan kemampuan dengan mengekspresikannya dalam bentuk karya seni rupa.

“Pada dasarnya seniman itu bebas berkreasi, berpikir, dan bertindak. Tetapi kalau sudah didasari dengan keimanan, Insyaallah perilaku teman-teman seniman, khususnya KPS atas seizin Allah SWT tentunya akan selalu dibimbing oleh Allah SWT dengan Rasulnya, sehingga menjadi seniman yang penuh wibawa dan martabat. Meskipun pada acara pembukaan malam hari ini bapak Bupati tidak bisa hadir, saya berharap kepada yang hadir kali ini bisa menyampaikannya kepada beliau bahwa seniman di Sampang sangat berharap banyak bisa ikut andil dalam membangun Kabupaten tercinta kita ini,” ungkapnya, Kamis (13/02/2020).

BACA JUGA :  KPS GELAR PAMERAN MENGENANG BUDAYAWAN ALM KH SHOLAHURROBBANI

Di tempat yang sama, Ketua KPS Chairil Alwan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Satuman yang telah mengagendakan kegiatan pameran dimaksud. Sehingga KPS bisa tetap ekses menggelar pameran yang menjadi agenda kedua kalinya dalam tahun 2020 ini.

“Dengan tema pameran ‘INI’ saya menangkap bahwa kita sebenarnya diajak untuk berkarya. Karena pada saat kita masih hidup berkarya, pastinya saat mati nanti karyanya akan bercerita. Ini dibuktikan dengan karya salah satu anggota KPS, yakni almarhum Budi yang telah meninggal dunia. Walaupun ananda Budi sudah tiada, tetapi melalui karyanya dia bercerita dan banyak yang disampaikan kepada kita semua. Untuk agenda pameran KPS berikutnya, mudah-mudahan para undangan yang hadir kali ini tidak bosan untuk hadir kembali, walaupun undangannya kurang beretika karena disebarkan melalui via pesan Whatsapp. Untuk itu, terima kasih kepada yang telah hadir pada malam hari ini,” papar guru kesenian MAN Sampang tersebut.

Satuman didampingi keluarganya menyampaikan sambutannya dalam pembukaan pameran seni rupa di Gesawiksa, Kamis (13/02/2020) malam.

Sementara itu, Kasi Kebudayaan Disporabudpar Moh Mahdi menyampaikan permohonan maaf atas tidak bisa hadirnya Kepala Disporabudpar karena ada acara kedinasan yang tidak bisa ditinggalkan, sehingga harus diwakilkan kepada dirinya. Dirinya sangat mengapresiasi dengan eksistensi KPS yang terus berkarya dan berpameran secara swadaya.

“Kami melihat seni rupa di Sampang ini terus menggeliat, hidup, dan berkembang berkat eksistensi KPS. Kalau kami perhatikan se Madura, Insyaallah hanya Kabupaten Sampang yang selalu hidup dalam bidang seni rupa. Sebab, kami melihat dari tahun ke tahun KPS ini selalu menunjukkan eksistensinya dengan menggelar pameran seni rupa setiap bulan. Kami tetap berharap KPS ini terus hidup, dan akan tumbuh generasi berikutnya hingga seterusnya,” pungkasnya. (msa)

BACA JUGA :  PERDANA DI TAHUN 2020, KPS GELAR PAMERAN SKETSA DAN DRAWING

Telah dibaca : 19 kali.