HOME // Peristiwa // Sosial Masyarakat

BANJIR RENDAM RUMAH 180 KK DI AROSBAYA BANGKALAN

   Manager POJOK KIRI Madura Raya
 Pada: Februari 26, 2020

Bangkalan, Pojok Kiri – Banjir akibat hujan deras pada Selasa (25/2/2020) malam kemarin, dua dusun di Desa Arosbaya, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Madura Jawa Timur mengakibatkan sungai yang ada di Desa Arosbaya meluap tidak mampu menampung debet air kiriman dari wilayah Kecamatan Geger.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan, Rizal Moris. Ia mengatakan, air masuk ke pemukiman warga dan jalan raya pukul 06.00 Wib, dengan ketinggian 40 cm. Namun, kondisi air saat ini sudah surut baik di pemukiman warga maupun di jalan raya dan tidak ada korban.

“Sementara untuk desa terdampak di Desa Arosbaya tepatnya di dusun Morlorong 100 Kepala Keluarga (KK) dan dusun Ranggujeng  80 KK, kami langsung menurunkan petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lapangan dan petugas kepolisian untuk mengatur arus lalulintas, unsur muspika dan Dandim serta Kapolres saat ini masih di lokasi,” ungkapnya, Rabu (26/2/2020).

Sementara itu, salah seorang warga terdampak Toyyib mengatakan, air mulai menggenangi jalan raya dan pemukiman warga sekitar pukul 05.00 Wib.

“Banjir kiriman yang terjadi ini baru pertama kali selama musim penghujan dan tidak sampai ada warga yang mengungsi, hanya saja warga yang terdampak langsung menyelamatkan barang-barang berharganya ke tempat yang lebih aman dan tidak sampai mengganggu aktivitas perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Ditempat yang sama Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra menuturkan, genangan air yang masuk ke pemukiman warga juga sudah mulai surut, serta air kiriman dari Geger juga sudah mulai surut.

“Mudah-mudahan tidak ada hujan dan kiriman air lagi. Sehingga yang dikhawatirkan tidak terjadi. Seandainya terjadi pun, hari ini kita sudah mempersiapkan posko tanggap darurat dan semoga saja itu tidak digunakan karena banjir tidak membahayakan,” tandasnya. (ris/msa)

BACA JUGA :  PEMKAB SAMPANG DAN SWASTA DIHARAPKAN SERIUS DALAM MEMBANTU PROGRAM TBC

Telah dibaca : 17 kali.